Selasa, 01 Oktober 2013

Pawang Geni Harus Segera Ada

Salah satu upaya Pemprov DKI Jakarta merespons kebakaran dengan cepat yaitu dengan menghadirkan alat pemadam kebakaran 'Pawang Geni'. Namun, alat pemadam kebakaran yang resmi diperkenalkan pada 1 Maret lalu itu hingga kini belum tampak keberadaannya di pemukiman warga. Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, alat pemadam api ini masih dalam tahapan lelang di Dinas Pemadam Kebakaran DKI. Proses lelang ini memakan waktu cukup lama karena Pemprov sedang banyak melakukan lelang di segala bidang.
"Tanya ke Kepala Dinas, sudah sampai mana itu barang yang mau ditaruh? Saya sudah tanya, tapi kata Kepala Dinas masih lelang," ujar Jokowi di Balaikota DKI, Jl Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Selasa (1/10/2013).
Meski demikian, Jokowi menegaskan, Pawang Geni harus segera ada di pemukiman warga, terutama di daerah yang rawan kebakaran.
"Harus ada. Pokoknya di lokasi yang rawan kebakaran. Dimulai. Ini masih dalam proses lelang," katanya.
Pawang Geni merupakan alat yang terdiri dari tong air yang ditaruh di atas gerobak dorong yang kemudian dipompa secara manual. Alat ini mulai dipromosikan oleh Jokowi pada saat kampanye Pilgub DKI 2012 lalu.
Jokowi mengandalkan alat ini karena bisa masuk hingga ke gang-gang kecil di pemukiman warga.
"Jadi, lelangnya masih banyak banget yang berjalan. Nggak kayak swasta, kalau punya duit bisa langsung. Itu kalau swasta. Saya duu kalau swasta begitu. Kalau banyak uang begitu," katanya.

Sumber :
detik.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar