Minggu, 06 Oktober 2013

Jokowi Presiden? Oh .. ho .. Ojo Kesusu ..

Meskipun Gubernur DKI Jakarta Jokowi Widodo (Jokowi) mempunyai segudang prestasi yang tidak perlu diragukan lagi, tetapi ada juga pengamat yang berpendapat mirip Partai Gerindra. Yaitu mengganggap reputasi yang telah dimiliki Jokowi belumlah cukup sebagai tiket untuk maju sebagai capres pada tahun 2014 yang akan datang. Prestasi Jokowi yang mampu mengubah yang dihadapinya dalam waktu yang sangat, rupanya belumlah cukup di mata pengamat sosial Universitas Bengkulu, Cucu Syamsudin. Cucu menilai, rakyat Indonesia harus bersabar jika menginginkan Jokowi menjadi Presiden RI. Sebab, Jokowi itu masih perlu melalui ujian dari sisi waktu agar tidak menjadi pemimpin "karbitan".
Cucu menyebutkan, syarat kepemimpinan Jokowi untuk menjadi presiden sudah ada. Jokowi pun cukup baik secara elektabilitas. Namun, masih ada beberapa penilaian yang belum selesai, di antaranya soal proses waktu. Sebab, hanya waktu yang akan menguji kepemimpinan Jokowi.
Atas pertimbangan itu, Cucu memandang bahwa idealnya Jokowi menyelesaikan dulu tugasnya sebagai gubernur. "Jika ia berhasil memimpin Jakarta satu periode saja dengan beberapa hasil kerja yang di atas rata-rata gubernur terdahulu, maka indikasi penilaian Jokowi menjadi presiden selanjutnya sudah cukup terpenuhi," kata Cucu, Minggu (6/10/2013).
Cucu menyebutkan, harapan masyarakat pada Jokowi terlalu tinggi pada 2014. Maka, kekecewaannya pun akan sangat besar jika Jokowi gagal memimpin bangsa ini.
"Kalau sudah terjadi kekecewaan maka rakyat akan ada pada titik frustrasi dan krisis kepercayaan karena figur yang disanjung ternyata melukai hati rakyat juga, dan saya harap ini tidak terjadi jika Jokowi ke depan memang benar menjadi presiden," imbuhnya.
Lagi-lagi ia menegaskan, aspek waktu sangat menentukan penilaian bagi layak atau tidaknya Jokowi menjadi presiden. Dalam aspek waktu inilah Jokowi akan mengalami "jatuh bangun" menjadi seorang pemimpin dan akan menempanya menjadi presiden yang layak.

Sumber :
kompas.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar