Jumat, 20 September 2013

Trah Soekarno Diprediksi Jadi Cawapres Jokowi

Dua nama trah Soekarno masuk kandidat cawapres pasangan Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi). Sebesar apa peluang dua putra mahkota Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) yakni Puan Maharani dan Prananda Prabowo jadi pendamping Jokowi?
"Bila PDI-P atau Koalisi PDI-P memutuskan pencapresan Jokowi yang tren elektabilitasnya terus menanjak, diprediksi, Muhammad Prananda Prabowo atau Puan Maharani akan diusung sebagai cawapres," kata Mulyana W Kusumah, Direktur Seven Strategic Studies (7SS), Jumat (20/9/2013).

PDI-P yang berkembang di bawah kepemimpinan Ketua Umum Megawati Soekarnoputri, diyakini tidak akan meninggalkan kaitan historisnya dengan Bung Karno. Sekarang ini Puan menjadi Ketua Fraksi PDI-P dan menjabat Ketua DPP PDI-P bidang politik, sedangkan Prananda dikenal luas sebagai konseptor PDI-P dan penjaga kesinambungan ideologis Bung Karno.
Mulyana mengakui, trah Soekarno adalah juga sebagai pemersatu di PDI-P. Hal yang sama juga terjadi dalam tubuh Partai Kongres di India, bagaimana keluarga Gandhi menjadi sentral pemersatu. Ini fakta sejarah yang tak bisa dielakkan.
"Jika Jokowi ditetapkan sebagai capres PDI-P, sangat tipis kemungkinan tokoh nasional lain di luar trah Bung Karno, untuk menjadi cawapres sebagaimana yang banyak dispekulasikan akhir-akhir ini," ujarnya memprediksi.

Elektabilitas PDI-P yang terus meningkat juga semakin membuat posisi PDI-P di atas angin. Peningkatan tersebut, masih menurut Mulyana, mengarahkan pada prediksi PDI-P akan mampu mencapai atau setidak-tidaknya mendekati persyaratan presidential threshold 20 persen kursi DPR, atau 25 persen perolehan suara pemilu legislatif 2014.
"PDI-P akan menjadi partai sentral yang menentukan. Bisa juga berkoalisi dengan parpol lain untuk mengusung capres/cawapres," katanya.


Sumber :
detik.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar