Jumat, 20 September 2013

Jokowi Targetkan Pemprov DKI Bangun 200 Rusunawa/Tahun

Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) menargetkan Pemprov DKI Jakarta bisa membangun 200 unit rumah susun sewa (rusunawa) setiap tahunnya di beberapa lokasi di Jakarta.
"Kira-kira ada 200-an rusun yang akan kita bangun setiap tahun sehingga kebutuhan yang ada di masyarakat bisa kita penuhi," kata Jokowi di Pulo Gebang, Jumat (20/9/2013).

Jokowi menjelaskan, ratusan tower ini utamanya akan diberikan pada warga Jakarta yang terkena program penggusuran. Sehingga dibutuhkan banyak rusun sebagai tempat tinggal setelah direlokasi.
"Karena kita tidak hanya menginginkan memindahkan satu atau dua orang, tapi dibedol satu RW, satu RT atau satu kampung," lanjut Jokowi.
Lebih jauh Jokowi memaparkan, lahan pemukiman yang ditinggal warga akan dibuat untuk ruang terbuka hijau (RTH). Seperti diketahui, kawasan hijau di Jakarta masih sangat minim.
"Kampung yang ditinggalkan bisa digunakan untuk RTH, ruang interaksi warga, dan ruang rekreasi masyarakat," kata Jokowi.
Oleh karena itu, katanya, warga yang direlokasi tak perlu risau bila harus dipindah ke rusun. Karena mereka akan mendapatkan fasilitas yang cukup memadai.
Menyinggung praktik percaloan yang ditanyakan wartawan, Jokowi memastikan hal itu tidak akan ada lagi. "Semuanya terkelola dengan baik. Kalau manajemen kontrol baik, semuanya itu akan hilang," tegas Jokowi.
[/Pro]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar