Selasa, 10 September 2013

TNI AU Pertimbangkan Usul Bandara Halim Jadi Pemberangkatan Haji

Komandan Bandara Halim Perdanakusuma Marsekal Madya Sri Pulung mengatakan, usulan Menteri Agama RI Surya Dharma Ali yang ingin menjadikan Bandara Halim sebagai pemberangkatan jamaah haji tetap belum final. TNI AU harus melakukan kajian dahulu.
"Belum final, ini baru ide Pemda dan Pusat. Kita pihak TNI AU juga baru pembicaraan awal," ujar Pulung saat melepas kepergian kloter pertama jamaah haji bersama Menag Surya Dharma Ali dan Gubernur DKI Joko Widodo (Jokowi) di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta Selasa (10/9/2013).
Atas usul tersebut, lanjut Pulung, pihaknya akan berkirim surat kepada Panglima Komando Operasi TNI Angkatan Udara I, Kepala Staf Angkatan Udara serta Panglima TNI terlebih dahulu. Jika setuju, pihaknya kemudian akan melakukan kajian terkait kepadatan lalu lintas udara, ketersediaan fasilitas, keamanan calon jamaah haji dan lainnya.
Hasil kajian tersebut, lanjut Pulung, kemudian akan dituangkan ke dalam nota kesepahaman yang ditandatangani oleh TNI AU Lanud Halim Perdana kusuma, Pemerintah Pusat yakni Kementerian Agama serta Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.
"Secara pribadi kami sangat bangga jika dipindah ke sini karena mengurangi beban Bandara Soetta dan mengalihkannya ke Bandara Halim," ujarnya.
Kepala Penerangan Lanud Halim Perdanakusuma Mayor Gerardus Maliti menambahkan, fasilitas di Bandara Halim cukup mengakomodir bagi calon jamaah haji jika berangkat dari sana. Selain dekat dengan Asrama Haji Pondok Gede dan Bekasi, infrastruktur di dalam bandara tergolong bagus.
"Akses masuk bandara sudah diperbaiki jadi mulus. Fasilitas di Bandara seperti ruang tunggu, tempat makan dan lainnya juga lengkap," ujarnya.
Sebelumnya, Menteri Agama Indonesia Suryadharma Ali mengungkapkan Bandar Udara Halim Perdanakusuma di Jakarta Timur, akan menjadi pemberangkatan resmi jamaah haji DKI. Sebab, bandara itu memiliki letak yang strategis. Gubernur DKI Joko Widodo pun mengungkapkan hal senada.

Sumber :
kompas.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar