Selasa, 03 September 2013

Jokowi: Pengerjaan Waduk Ria Rio Sudah 30 Persen

Pengerjaan Waduk Ria Rio sisi barat dan selatan di Pulo Gadung, Jakarta Timur, sudah mengalami perubahan. Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo (Jokowi) mengatakan saat ini penggarapan untuk air waduk tersebut sudah sebanyak 30 persen. "Garapan sudah dibersihkan, airnya (waduk) sudah 30 persen sudah kelihatan airnya," kata Jokowi saat meninjau Waduk Ria Rio, Jakarta Timur, Selasa (3/9/2013).

Nantinya di sisi barat dan selatan yang saat ini sedang digarap akan dibangun taman dan Ruang Terbuka Hijau (RTH). Namun, untuk rencana pembangunan amphiteater masih akan dihitung lagi.
"Mungkin ini masih diperhitungan lagi apakah diperlukan ada opera house (amphiteater) atau tidak. Karena opera house masih dikalkulasi apakah di sini atau di tempat lain," katanya.
Menurut Jokowi, pihaknya harus membangun sesuatu dalam jangka panjang, bahkan untuk waktu 50 atau 100 tahun di kawasan tersebut. Tetapi, pengerukan juga terus dimulai dan diperkirakan akan rampung tahun depan.
"Paling tidak fungsinya sekarang sudah bisa dipakai. Hanya memang belum maksimal," katanya.
Sementara untuk fungsi penyerapan air di Waduk Ria Rio, dikatakan Jokowi apabila sudah normal bisa berlipat-lipat penampungannya. Bahkan seperti yang sudah dilakukan di Waduk Pluit saat ini, fungsi penyerapannya bisa sampai empat kali.
Jokowi juga menyebutkan, jika areal Waduk Ria Rio seluas 25,6 hektare ini akan lebih baik daripada di Waduk Pluit. Saat ini, desain dan gambarnya masih dalam proses karena pihaknya meminta untuk ada perbaikan.
"Ya ini kan proses awal, baru membersihkan semak-semak di sini. Daratannya, airnya juga penuh dengan eceng gondok. Sekarang sudah dibersihkan, airnya sudah mulai kelihatan ini nanti akan dimulai bulan Oktober untuk landscape, taman, penghijauan, dan garapan akhir tahun yang sebelah selatan dan barat selesai," kata Jokowi.

Sumber :
beritasatu.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar