Rabu, 11 September 2013

Jokowi Diterima di Semua Kalangan

Pengamat politik dari Pol-Tracking Institute, Hanta Yuda, menilai Joko Widodo (Jokowi) tak hanya populer di kalangan menengah. Menurut dia, Gubernur Provinsi DKI Jakarta ini juga terkenal di kalangan lainnya. "Jokowi potensial di kalangan menengah, atas dan bawah," kata Hanta, Rabu (11/9/2013).
Hanta mengatakan, kepopuleran ini lantaran Jokowi kerap diberitakan oleh media. Dari pemberitaan tersebutlah, masyarakat akhirnya memberikan respons positif terhadap kader terbaik Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) tersebut. "Dia itu media darling, yang punya panggung dan momentum," ujarnya. Hanta menambahkan, pemberitaan ini menguntungkan Jokowi, soalnya ia telah populer tanpa beriklan sepeserpun.

Tak hanya populer, Hanta menilai Jokowi juga memiliki tingkat elektabilitas yang tinggi. Jika ditambah dengan kerja mesin partai yang memadai, menurut Hanta, ia sangat berpeluang menjadi calon presiden pada pemilihan 2014. "Asal sentimennya terus bagus," kata Hanta.
Hasil survei Alvara Riset Center mencatat Jokowi diminati oleh para pemilih dari kelompok menengah. Pendiri dan Direktur Utama Alvara, Hasanuddin Ali, mengatakan kriteria kalangan menengah ini sangat penting karena dapat mempengaruhi pemilih dari kalangan bawah dan atas. "Mereka yang mendorong dan mengarahkan kalangan yang lain. Mereka paling rasional," kata Hasanuddin. Tokoh lain yang diminati kalangan ini adalah Prabowo Subianto.

Sumber :
tempo.co

Tidak ada komentar:

Posting Komentar