Minggu, 19 Mei 2013

Jokowi: Oktober, 5 Bus Tingkat Wisata `Double-Decker`Hadir di DKI

Salah satu moda transportasi khusus wisata Kota Solo, Jawa Tengah, adalah bertingkat layaknya bus 'Double-decker' di Inggris, yang disebut dengan bus tingkat Werkudara. Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) yang juga mantan Walikota Solo pun mengungkapkan, Pemerintah Provinsi DKI akan menyediakan bus serupa di kota Jakarta.
"Bus tingkat itu sejak 4-5 tahun. Dulu ambilnya dari Magelang. Tapi kan Oktober nanti kita akan punya 5 buah bus tingkat di Jakarta," ujar Jokowi di Solo, Minggu (19/5/2013).
Bus tingkat itu rencananya akan ditempatkan di kawasan-kawasan wisata di DKI Jakarta. Seperti di daerah Kota Tua, Ancol, museum-museum, Taman Mini, dan lain-lain.
Bus itu nantinya khusus dimanfaatkan sebagai kendaraan wisata untuk mengunjungi lokasi-lokasi menarik di Jakarta. Sehingga masyarakat diharapkan tidak salah menafsirkannya sebagai salah satu tambahan transportasi umum layaknya Transjakarta. "Khusus wisata loh, bukan transportasi umum," katanya.
Bus wisata tingkat Werkudara di Kota Solo berwarna merah dengan ketinggian mencapai 4,5 meter dan lebar sekitar 2,5 meter. Bus itu telah beroperasi sejak 20 Februari 2011 lalu saat Jokowi masih menjabat sebagai walikota Surakarta.
Harganya juga cukup terjangkau yaitu Rp 20.000 per orang untuk mengantar wisatawan sesuai keinginannya. Ataupun ke tempat-tempat seperti Keraton Surakarta, Kampung Batik Kauman dan Laweyan, Mangkunegaran, Museum Radya Pustakan.


Sumber :
liputan6.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar