Sabtu, 08 November 2014

Jokowi Bertolak Ke Beijing

Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah tiba di Bandara Halim Perdanakusumah untuk berangkat 'blusukan' ke tiga negara. Ternyata puteri Jokowi bernama Kahyang Ayu ikut menemani lawatan luar negeri perdana Presiden Indonesia ketujuh ini.
Jokowi tiba di Bandara Halim Perdanakusumah, Jakarta Timur sekitar pukul 08.50 WIB, Sabtu (8/11/2014). Kedatangan Jokowi disambut sejumlah menteri dan juga Panglima TNI Jenderal Moeldoko.
Ada pula Wakil Gubernur DKI Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) yang ikut menyambut Jokowi. Mereka lantas masuk ruang VVIP.
Sementara Jokowi dan para menteri masih di ruang VVIP, puteri Jokowi bernama Kahyang bergegas lebih dulu ke Pesawat Kepresidenan. Dirinya melangkah menuju pintu belakang pesawat sambil melambaikan tangan ke para wartawan.
Kahyang nampak mengenakan kemeja hijau kebiruan dengan celana kain cokelat. Dia melangkah ke pesawat didampingi satu orang pengawal. Belum diketahui peran pasti Kahyang Ayu dalam misi kenegaraan ini.
Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) dan Ketua Umum Partai NasDem melepas kepergian Jokowi yang akan mengikuti beberapa agenda kenegaraan di tiga negara.
Keluar dari ruang VVIP Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Sabtu (8/11/2014), terlihat JK berada di kanan dan Surya Paloh berada di kiri presiden.
Jokowi yang melewati barisan awak media yang sudah terlebih dulu diatur untuk konferensi pers, hanya melempar senyum sambil menganggukan kepala. Tidak ada keterangan pers yang disampaikan orang nomor satu di Indonesia itu.
Di barisan belakang, turut Iriana Widodo dan Mufida Kalla. Mereka berjalan beriringan sambil berbincang. Baik JK dan Surya Paloh melepas kepergian Presiden hingga menuju tangga menaiki pesawat. Turut pula beberapa pejabat negara dalam barisan melepas keberangkatan Jokowi.
Kedatangan Jokowi ke KTT APEC merupakan undangan langsung dari Presiden Cina Xi Jinping. Jinping mengundang Jokowi secara langsung melalui sambungan telepon saat menyampaikan ucapan selamat setelah resmi dilantik sebagai Presiden RI periode 2014-2019.
Kunjungan APEC Economic Leaders' Meeting di Beijing ini berlangsung pada 8-12 November 2014. Setelahnya, Jokowi dijadwalkan menghadiri ASEAN Summit di Myanmar pada 12-14 November 2014. Perjalanan Jokowi kemudian berlanjut ke G20 Leaders' Summit yang diselenggarakan di Brisbane, Australia, pada 15-16 November 2014.
Presiden beserta rombongan dijadwalkan tiba di Beijing sekitar pukul 16.55 waktu setempat.
Sebelumnya, Sekretaris Kabinet Andi Widjojanto kepada wartawan di Kompleks Istana Presiden Jakarta mengatakan, Presiden Jokowi akan mengajak memadukan konsep tersebut dengan konsep poros maritim dalam forum itu.
"Di APEC, Pak Jokowi akan lebih mengedepankan pembangunan infrastruktur Asia, yang merupakan program bersama antara pemerintah Tiongkok dengan negara-negara ASEAN ditambah 10 negara lainnya, jadi ada sekitar 20-an negara yang terlibat di sana. Secara khusus Pak Jokowi akan memadukan gagasan kita tentang poros maritim dunia, dengan konsepsi China berkaitan dengan Jalan Sutera Baru di abad 21," kata Seskab Andi.
Selain menyampaikan pandangan mengenai hal itu, Andi juga mengatakan Jokowi selama menghadiri KTT APEC juga akan bertemu dengan sejumlah kepala negara dan kepala pemerintahan antara lain Presiden Rusia Vladimir Putin dan Presiden AS Barack Obama serta Presiden Tiongkok dan PM Tiongkok.
Seusai melakukan kunjungan ke KTT APEC, Presiden juga akan mengikuti KTT ASEAN di Myanmar dengan rangkaiannya berupa pertemuan ASEAN dengan mitra ASEAN serta KTT Asia Timur.
"Di sana Pak Jokowi akan menjelaskan secara lebih elaboratif tentang doktrin politik luar negeri Indonesia yang baru, jadi menggunakan KTT Asia Timur untuk menjelaskan itu," paparnya.
Dan rangkaian berikutnya, kata Andi, Presiden Jokowi akan menghadiri KTT G20 di Brisbane, Australia.
"Di KTT G20 akan bertemu PM Australia (Tony Abott-red), yang mungkin dijadwalkan akan bertemu juga dengan PM Spanyol, yang dijawalkan pertemuan saat itu. Dan di G20 Pak Jokowi akan menjelaskan tentang situasi ekonomi global. Dan bagaimana harapan Indonesia bagi negara-negara di G20 itu kerja sama lebih erat untuk mengatasi kondisi ekonomi global, terutama tantangan-tantangan di 2015," bebernya.
Presiden Jokowi didampingi Ibu Negara Iriana dan rombongan dijadwalkan kembali ke tanah air pada Minggu, 16 November pekan depan.  [detik]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar