Jumat, 25 Juli 2014

Pembentukan Kabinet Merupakan Ujian Pertama Jokowi-JK

Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah menetapkan pasangan Joko Widodo (Jokowi) - Jusuf Kalla (JK) sebagai pemenang pemilihan umum presiden 2014. Kini, pasangan tersebut harus menentukan kabinet yang akan membantu keduanya dalam menjalankan roda pemerintahan.
Pengamat komunikasi politik dari Universitas Paramadina, Hendri Satrio mengatakan, pembentukan kabinet Jokowi-JK merupakan ujian pertama pasangan nomor urut dua tersebut.
Untuk itu, keduanya harus memikirkaan secara matang orang-orang yang akan membantunya nanti.
"Kabinet Jokowi-JK merupakan ujian pertama Jokowi-JK dalam menjalankan mandat rakyat setelah ditetapkan sebagai pemenang Pilpres oleh KPU," kata Hendri ketika dikonfirmasi, Jumat (25/7/2014).
Hendri menilai, rakyat akan menelaah dua hal penting dalam susunan kabinet mendatang yang akan disusun Jokowi-JK. Menurutnya, rakyat akan melihat apa tujuan arah pembangunan berdasarkan kabinet terpilih.
"Rakyat tentu juga akan melihat keterwakilan partai vs professional dalam kabinet (Jokowi-JK)," tuturnya.
Bila komposisi partai lebih banyak kata Hendri, dapat membuat citra Jokowi-Jk goyang. Kendati demikian dirinya yakin bahwa Jokowi-JK akan menempatkan kapabilitas professional lebih besar dibandingkan dengan kepentingan partai.
"Nama-nama professional seperti Faisal Basri, Gita Wirjawan, M Lutfi, Sri Mulyani, Agus Martowardoyo, Rizal Ramli layak untuk masuk di jajaran kabinet Jokowi-JK. Dahlan Iskan, Anies Baswedan juga mumpuni berkiprah di kabinet (Jokowi-JK)," jelasnya.  [tribun]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar