Jumat, 25 Juli 2014

Jokowi Menyoal Perpanjangan Kontrak Freeport

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mempunyai komentarnya tersendiri mengenai kabar perpanjangan kontrak Freeport di Indonesia.
Kepada wartawan di Balai Kota, Jakarta, Jumat (25/7/2014), Jokowi menyiratkan sebuah pertanyaan mengapa kontrak Freeport diperpanjang. Adapun Presiden SBY dan Menko Perekonomian Chairul Tanjung dikabarkan telah memperpanjang kontrak dengan Freeport sampai 2041.
"Kabar siapa? Freeport (kontrak) habis sampai tahun berapa saya tanya dulu," ujar Jokowi saat balik bertanya kepada wartawan.
Para pewarta pun menjawab jika kontrak tersebut habis pada 2021. Jokowi pun hanya menjawab singkat. "Ya kenapa diperpanjang? Sekarang kan habisnya 2021, kamu nggak ngerti saja," jawabnya.
Menurut Jokowi, jika memang kontrak Freeport habis pada 2021, maka dua tahun sebelumnya barulah bisa diperpanjang.
"Nggak ada tahun berapa saya tanya habisnya, habisnya kan 2021, itu diperpanjang dua tahun sebelumnya, 2019, masih lima tahun yang akan datang," jelasnya.
Jokowi pun tidak akan mendiskusikan hal tersebut karena jatuh tempo kontrak tersebut masih lama. Dirinya juga tidak akan mengeluarkan kebijakan terkait hal ini.
"Ya enggak ada dong, kontrak habis 2021 dan diperpanjang dua tahun sebelumnya," tutur dia.  [metrotvnews]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar