Minggu, 02 Maret 2014

Jokowi: Rp 1 Triliun untuk Kampung Deret 2014

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan membangun kampung deret di 70 titik se-Jakarta. Anggaran untuk proyek ini mencapai Rp 1,197 triliun yang masuk ke dalam pos bantuan sosial.
"Untuk titiknya mana saja masih ditentukan," kata Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) di Jakarta pada Minggu (2/3/2014).
Patokannya adalah data RW kumuh dari Badan Pusat Statistik (BPS). Menurut data BPS ada 416 RW kumuh di Ibu Kota. Pada 2013 lalu, sudah digarap di 28 titik.
"Memang harus bertahap," kata Jokowi. Jokowi menuturkan pembangunan kampung deret bukan program mutlak pemerintah DKI. Sebab, desain pembangunannya diserahkan kepada warga.
Warga yang ingin kampungnya ditata diminta mengajukan desain ke Pemprov DKI. Kemudian, Pemprov akan mengirim tim penilai untuk memastikan pembangunan layak atau tidak.
Proses pengerjaannya pun murni diserahkan kepada warga, termasuk pengelolaan keuangan. "DKI hanya menyediakan tim pengawas," ujarnya.
Menurut Jokowi, masih banyak warga yang takut kampungnya kena program ini. Sebab, mereka berasumsi bahwa pembangunan kampung deret berarti penggusuran.
Padahal dengan kampung deret, warga akan mendapat kesempatan untuk tinggal di tempat yang layak. "Makanya setalah lihat ada contohnya sekarang banyak warga yang ingin ditata kampungnya," kata mantan Wali Kota Solo ini.

Sumber :
tempo.co

Tidak ada komentar:

Posting Komentar