Minggu, 29 Desember 2013

Meski Kalah Charming, Jokowi Ungguli Bakal Capres Lain

Untuk urusan penampilan, maka sebagai bakal capres Joko Widodo (Jokowi) dianggap kurang charming dibanding tokoh lain. Namun justru kekurangan tersebut yang justru membuat Jokowi jauh lebih membumi karena sesuai dengan karakternya.
Demikian tanggapan pakar komunikasi politik dari Universitas Islam Negeri (UIN), Gun Gun Heryanto, menanggapi hasil riset bakal capres penantang Jokowi. Hasil riset dipaparkan Lab Psikologi Politik Universitas Indonesia di Hotel Moririssey, Jl KH Wahid Hasyim, Jakarta, Minggu (29/12/2013).
"Jokowi punya koherensi karakter yang logis," ujar Gun Gun.
"Dia berpenampilan sederhana, dia juga menampilkan sosok itu ke publik", jelasnya.
Tidak terlalu keliru bila ada yang menilai Jokowi kalah gagah atau tidak setampan tokoh lain yang berniat menjadi Presiden RI periode mendatang. Meski demikian popularitas dan eletabilitas Jokowi juga lebih tinggi dibanding Prabowo.
"Dia beda dengan yang bilang pro petani dan pro nelayan, tapi jarang terlihat begitu,"
Metode riset yang dilakukan lab Psikologi Politik UI pada 16-26 Desember 2013 itu adalah berdiskusi dengan sejumlah ahli. Kriteria penilaian tokoh yang dianggap layak nyapres terdiri dari: visi, kepemimpinan, itelektualitas, stabilitas emosi, kemampuan menajerial, kemampuan politik, komunikasi politik, intergeritas dan penampilan.
Di dalam riset tersebut, untuk kriteria penampilan yang mendapatkan nilai tertinggi adalah Anies Baswedan. Sebaliknya untuk Jokowi nilai yang diperolehnya paling rendah.
Mengapa penampilan menjadi kriteria yang juga diperhitungkan?
"Realistis saja, kan yang dilihat publik selain otak juga perilaku dan penampilannya," jawab Gun Gun.

Sumber :
metrotvnews.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar