Minggu, 20 Oktober 2013

Jokowi Diyakini Mampu Bawa PDI-P Masuk Lima Besar

Jika sebelumnya, Lembaga Survei Indonesia (LSI) menyatakan bahwa Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) tidak akan mampu mendongkrak perolehan suara Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P), ternyata ada peneliti lain dengan pendapat yang berbeda. Adalah peneliti senior Founding Fathers House, Dian Permata, menyatakan bahwa figur Jokowi diyakini mampu mendorong PDI-P setidaknya masuk dalam posisi lima besar perolehan suara pada Pemilu 2014.
"Banyak rakyat menyebutkan mempertimbangkan memilih PDI-P karena Jokowi," kata Dian di Jakarta, Minggu (20/10/2013).
Menurut Dian, keberadaan seorang tokoh dalam partai politik sangat penting. Jokowi, ujarnya, adalah figur yang mampu memengaruhi pilihan rakyat pada Pemilu 2014.
Dian secara acak menyebutkan enam partai politik yang berpeluang meraup lima besar suara pada Pemilu 2014, yaitu PDI-P, Partai Golkar, Partai Gerakan Indonesia Raya, Partai Demokrat, Partai Nasional Demokrat dan Partai Hati Nurani Rakyat.
"Mereka telah melewati ambang batas elektabilitas, salah satunya dengan menawarkan program-program ekonomi. Program yang menyentuh langsung ke persoalan rakyat, seperti pemberdayaan petani," ujarnya menambahkan.
Sementara, itu Peneliti Senior Pusat Islam dan Kenegaraan Universitas Paramadina Herdi Sahrasad menilai Jokowi selain dapat mendorong perolehan suara PDI-P juga berpeluang menjadi calon presiden, sebab Gubernur DKI tersebut dianggap sosok yang diinginkan masyarakat selama ini.
"Jokowi figur yang melayani masyarakat, sangat berani, tidak meragukan kepercayaan masyarakat dan ia berbuat, bukan hanya berbicara. Itu persepsi publik yang sulit dibantah," ujarnya.
Selain itu, lanjut Herdi, kebiasaan Jokowi melakukan blusukan juga turut andil menciptakan persepsi masyarakat.

Sumber :
antaranews.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar