Senin, 23 September 2013

Walikota Rotterdam Yakin Jokowi Bisa Atasi Banjir Jakarta

Walikota Rotterdam Ahmed Abouthaleb menemui Gubernur Joko Widodo (Jokowi) di Balaikota DKI Jakarta. Kesempatan itu pun digunakan keduanya untuk saling bertukar pengalaman dalam mengatasi permasalahan di kota masing-masing, terutama soal banjir.
Setelah melakukan pertemuan tersebut, Ahmed menyatakan dirinya yakin Jokowi bisa mengatasi masalah banjir di Jakarta.
"Saya percaya Jakarta cukup kuat untuk melakukan pekerjaan tersebut. Ini kota yang besar dan dipimpin oleh pemimpin yang baik. Ini masalah memiliki sumber daya yang cukup untuk melakukan pekerjaannya dan saya pikir Jakarta mampu," kata Ahmed, Senin (23/9/2013).
Meski demikian, jelas Ahmed, untuk mengatasi permasalah banjir, pihaknya membutuhkan waktu yang lama, yakni mencapai 200 tahun. "Tak ada kota yang bisa dilindungi dari banjir selama setahun. Dibutuhkan waktu berdekade, 10, 15 tahun, 20 tahun. Kalau Anda bertanya, berapa lama sampai kami membuat sistem yang baik? Lebih dari 200 tahun," ujar Ahmed.
Berdasarkan pengalaman di Roterdam, jelas dia, untuk mengatasi banjir, pihaknya membuat banyak Ruang Terbuka Hijau (RTH) untuk tempat menyimpan air yang mengalir bila musim banjir tiba.
"Di kota saya, melindungi kota dengan dock tidak cukup. Kita membutuhkan ruang terbuka hijau. Kita membutuhkan atap hijau. Kita membutuhkan pengelolaan air di kota. Kita memiliki garasi yang di bawahnya penyimpanan air untuk menjaga jutaan liter air itu," jelas Ahmed.
Selain itu, pihaknnya juga harus memperhatikan sungai yang merupakan tempat air mengalir dari hulu ke hilir. Permasalahan adanya warga yang bermukim di bantaran sungai pun juga menjadi fokusnya mengatasi bahaya banjir.
"Jadi tidak hanya 1 hal tapi sejumlah hal bersamaan. Kami juga harus mengurusi sungai karena ada orang yang tinggal di sana. Apakah baik membiarkan orang tinggal di sana? Atau memindahkan mereka ke tempat lain sehingga sungainya bisa tambah lebar. Banyak sekali solusi yang bisa kita kerjakan," tutup Ahmed.

Sumber :
liputan6.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar