Kamis, 19 September 2013

Gubernur Bangkok Puji Jokowi

Gubernur Bangkok Thailand, Sukhumbhand Paribatra mendukung penuh program Pemprov DKI membangun moda Mass Rapid Transit (MRT) di Jakarta. Menurut Sukhumbhand, sebagai ibu kota dengan tingkat kemacetan yang tinggi, sudah saatnya Jakarta memiliki transportasi massal seperti MRT.
"Apa yang dibutuhkan saat ini adalah mengembangkan sistem transportasi massal yang sebenarnya. Saya mengucapkan selamat kepada Jakarta yang gubernurnya memulai monorail dan MRT. Saya berpikir gubernur Jakarta buat keputusan yang tepat, keputusan yang penting adalah keputusan yang pertama," jelas Sukhumbhand.
Pujian pada Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) itu dia sampaikan di sela-sela acara Meeting of Governors/Mayors of The Capitals of ASEAN di Hotel JW Marriot, Jakarta, Kamis (19/9/2013).
Sebagai kota yang sudah lebih dulu memulai, Sukhumbhand memberi beberapa masukan kepada Jokowi terkait pembangunan MRT. Terutama saat menanggapi reaksi negatif masyarakat yang pasti khawatir proyek ini membuat macet di Jakarta makin menggila.
"Di Bangkok reaksi pertama tidak terlalu bagus, kita bicara tentang 20 tahun lalu. Banyak orang yang tentang sky train. Karena itu akan menghancurkan sky line. Tapi masyarakat perlu waktu untuk beradaptasi dengan hal-hal baru. Sekarang sky train telah menjadi angkutan yang paling sukses mengangkut 700 ribu penumpang perhari," jelas Sukhumbhand.
Dia lantas menawarkan bantuan jika Jokowi menghendaki. "Gubernur Jokowi ingin pelajari transportasi massal, kami siap untuk bekerjasama." tutupnya.
Untuk diketahui, sky train di Bangkok dibangun sudah 15 tahun yang lalu. Sedangkan untuk MRT telah dibangun 8 tahun yang lalu. Pada mulanya Pemerintah Provinsi Bangkok kesulitan dalam pengoperasian transportasi tersebut, namun setelah jalur keduanya ditambah justru masyarakat Bangkok makin menggemari transportasi modern ini. Bahkan ratusan ribu orang telah menggunakan transportasi ini.

Sumber :
merdeka.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar