Kamis, 01 Agustus 2013

Beri Modal Rp 1 Triliun untuk Jakpro, Jokowi Yakin Itu Tak Sia-sia

Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) membenarkan bahwa Pemerintah Provinsi DKI Jakarta memberikan modal Rp 1 triliun kepada PT Jakarta Propertindo sebagai penyedia lahan. Lahan itu diperuntukkan bagi pengembang yang akan memenuhi kewajiban membangun fasilitas umum dan sosial.
Jokowi yakin bahwa dana berbentuk penyertaan modal pemerintah tersebut sesuai dengan program yang telah direncanakan serta bermanfaat bagi masyarakat DKI Jakarta. "Ukurannya bukan besar atau kecil, tapi digunakan untuk apa. Kalau digunakan untuk hal-hal yang produktif dan memberikan nilai tambah, kenapa enggak?" ujarnya di Balaikota Jakarta, Kamis (1/8/2013).
Jokowi mengatakan, lebih baik menggelontorkan banyak dana untuk hal yang jelas dan dapat dipertanggungjawabkan daripada sedikit dana, tetapi tidak jelas apa kegunaannya. Jokowi mengatakan, Pemprov DKI akan melakukan pengawasan ketat terhadap penggunaan dana penyertaan modal pemerintah tersebut agar hasil kinerja PT Jakpro sesuai dengan target.
PT Jakpro ditunjuk Pemprov DKI sebagai penyedia lahan atau bank tanah. Tugas PT Jakpro adalah membeli lahan yang nantinya digunakan oleh pengembang properti untuk memenuhi kewajiban membangun fasilitas sosial dan fasilitas umum, terutama rumah susun.
Oleh karena itu, Pemprov DKI memberikan penyertaan modal sebesar Rp 1 triliun kepada Jakpro. Namun, modal tersebut belum disetujui oleh anggota DPRD DKI. Anggota Dewan beralasan, dana tersebut terlalu besar untuk digelontorkan sehingga saat ini proses itu masih tertahan.

Sumber :
kompas.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar