Jumat, 26 April 2013

Jokowi Ikuti Ahok Dalam Hal Transparansi

Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) mengaku telah cukup transparan dalam hal melaporkan kekayaan pribadi maupun pengelolaan anggaran operasionalnya sebagai pemimpin Jakarta. Bahkan dia mengklaim dirinya telah setransparan wakilnya, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok).
Dalam situs pribadi Ahok (www.ahok.org), Ahok menampilkan penuh seluruh harta kekayaannya. Mulai dari giro, aset bergerak, sampai urusan piutang dia tampilkan dalam situs tersebut. Tak hanya itu, dana operasional Wakil Gubernur juga dia laporkan cukup detail.
Dalam waktu tiga bulan, Januari-Maret 2013, Ahok menghabiskan lebih dari Rp 2 miliar dari tunjangan operasional tersebut. Dana sebesar itu dia habiskan untuk penunjang tugasnya, dan untuk kegiatan sosial.
Saat dijumpai di sela-sela kesibukkannya, di Balaikota Jakarta, Jumat (26/4/2013) pagi, Joko Widodo mengaku telah melakukan hal serupa. Semua harta kekayaan sampai penggunaan tunjangan operasional telah dia laporkan ke Dinas Komunikasi, Informatika dan Kehumasan untuk selanjutnya ditampilkan dalam website resmi Pemprov DKI Jakarta (www.jakarta.go.id).
"Sudah kok, semuanya ada di situ (situs), sama kayak Pak Wagub," kata Jokowi.
Jokowi meminta semua memaklumi bila dalam situs itu tak bisa diakses sampai satuan ketiga. Alhasil, informasi keuangan Gubernur tak dapat diketahui detail. "Oh iya, kalau saya beritahu sampai pengeluaran pribadi nanti malah kaget. Tapi saya siap transparan kok, enggak ada masalah," ujarnya.


Sumber :
megapolitan.kompas.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar