Selasa, 30 April 2013

Jokowi Hadiri Musrenbangnas 2013

Hari ini gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) menghadiri Musyawarah Perencanaan Pembangunan Nasional (Musrenbangnas) Tahun 2013 di Hotel Bidakara, Jakarta, yang di buka oleh presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Dalam acara tersebut nampak hadir para menteri dan kepala daerah, seluruh pimpinan lembaga negara, anggota legislatif (DPR dan DPD), Sekjen dan Sestama Kementerian/Lembaga.
Musrenbangnas digelar dalam rangka penyusunan rencana kerja pemerintah (RKP) 2014. Tema yang diangkat adalah "Memantapkan Perekonomian Nasional Bagi Peningkatan Kesejahteraan Rakyat yang Berkeadilan".
Rencananya, dalam acara tersebut, Presiden akan sekaligus menjelaskan soal rencana pengambilan kebijakan soal kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi. Pemerintah akan membuat kebijakan satu harga BBM. Angka kenaikan masih dihitung. Hanya saja, dipastikan harga baru nantinya di bawah Rp 6.500 per liter.
Jika diterapkan, pemerintah akan memberikan kompensasi untuk rakyat miskin yang terkena imbas kenaikan harga BBM, salah satunya dalam bentuk uang tunai. Anggaran untuk berbagai program yang sudah ada seperti beras miskin, bea siswa akan ditambah.
Musrenbangnas merupakan forum untuk menyinergikan ide-ide pembangunan yang telah disusun pada level provinsi melalui Musrenbangprov.
Musrenbangprov juga akan menjadi forum untuk menyepakati program dan kegiatan prioritas serta indikator dalam Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun 2014.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar