Senin, 14 Januari 2013

Jokowi Gelontorkan Rp20 M untuk Jakarta Hijau

Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo meninjau keberadaan tanaman di Kebun Bibit Ciganjur, Jakarta Selatan. Tanaman-tanaman yang ada di kebun bibit tersebut, kata Jokowi, merupakan aset bagi DKI untuk membuat ruang terbuka hijau (RTH).

"Semua aset yang kita punyai saya pengen ngerti. Kita ingin menghijaukan Jakarta total, tetapi kekuatan ya harus dilihat," kata dia, Senin (13/1/2013).

Jokowi menjelaskan, pada 2012 lalu, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menganggarkan Rp300 juta untuk perbaikan taman. Sementara, pada 2013 Jokowi berjanji menggelontorkan anggaran sebanyak Rp20 miliar untuk membuat Ibu Kota hijau total.

"Kalau kemarin dihitung-hitung paling Rp300 juta. Tahun ini kita anggarkan sampai Rp20 miliar, tahun depan Rp1 triliun kalau perlu. Mau hijau enggak Jakarta?," jelasnya.

Untuk diketahui, Kebun Bibit Ciganjur memiliki luas sekira 3,5 hektare. Dengan memiliki luas lahan sebesar itu, Jokowi menjelaskan bahwa kebun bibit tersebut digunakan sebagai tempat adaptasi tanaman.

"Ini hanya sebagai perantara saja. Sebelum ditanam diadaptasi di sini," jelasnya.

Jokowi menegaskan jajarannya telah menyediakan Rp850 miliar yang digunakan untuk pembelian lahan yang akan digunakan sebagai RTH. "Tadi kan saya bilang ke DPD, kalau kita ingin terus menambah RTH. Asal ada yang jual tanah kita beli, jual kita beli," tegasnya.


Sumber :
okezone.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar