Senin, 14 Januari 2013

Ditanya soal Banjir, Jokowi: Iya Saya Tahu

BANJIR, banjir, banjir lagi itulah Kota Jakarta. Makin lama areal banjir di DKI kian meluas. Apalagi 40% dari 650 kilometer persegi luas Ibu Kota masuk dataran rendah satu meter di bawah permukaan laut, khususnya wilayah pantai utara (pantura) Jakarta Utara.

Hal itu bisa dilihat dari kejadian banjir menimpa sebanyak 26 kelurahan di wilayah Jakarta terendam air akibat intensitas hujan cukup tinggi sepanjang Sabtu-Minggu pekan lalu.

Ketika Gubernur DKI Joko 'Jokowi' Widodo ditanya wartawan tentang programnya dalam mengatasi banjir di daerah 26 kelurahan terendam air, ia menjawab, “Iya saya tahu.”

Jokowi tidak memerinci kepada wartawan yang menantinya di pertemuan dengan DPD RI Daerah Pemilihan (Dapil) DKI di Balai Kota DKI, Senin (14/1).

Ia tidak membeberkan langkah apa yang telah dan akan dilakukan Pemprov DKI untuk menangani kelurahan yang terkena banjir dan membantu warga yang menjadi korban banjir. Mantan Wali Kota Solo itu hanya terdiam seribu bahasa sambil melangkah menuju ruang Balairung DKI yang telah disulap menjadi ruang makan.

Terlihat terjadi perubahan raut wajah Jokowi saat dilontarkan pertanyaan tersebut. Senyum yang selalu menghiasi bibir dan wajahnya, saat itu langsung menghilang.

Sekadar informasi, ada sebanyak 74 RT dari 61 RW di 26 kelurahan dari tujuh kecamatan yang terendam banjir. Dan ada sebanyak 657 jiwa terpaksa mengungsi ke tempat-tempat pengungsian yang telah disiapkan.

Sebanyak 657 warga di Kelurahan Rawa Buaya terpaksa mengungsi. Di antaranya sebanyak 307 jiwa di RW 01 dan 350 jiwa di Rw.02. Pengungsi ditampung di pos RW 02 sebanyak 350 jiwa, serta sentra kaki lima Rawa Buaya sebanyak 307 jiwa.

Untuk memenuhi kebutuhan para pengungsi, telah didirikan pos kesehatan dan dapur umum di lokasi pengungsian. Sampai saat ini, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI juga telah memberikan bantuan berupa 100 selimut dan 20 terpal serta bantuan nasi bungkus untuk sejumlah pengungsi dari Camat Cengkareng dan Lurah Rawa Buaya.

Yang ingin diketahui adalah langkah yang dilakukan Pemprov DKI untuk menurunkan ketinggian air di seluruh kawasan yang tergenang banjir.

Lalu langkah darurat apa yang akan dilakukan secepatnya agar 26 kelurahan ini tidak terendam banjir. Dan bagaimana dengan kebutuhan makan, minum serta kesehatan warga yang menjadi korban banjir.

Sumber :
metrotvnews.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar