Rabu, 02 Januari 2013

Jokowi Beri Toleransi PNS yang Belum Pakai Baju Betawi

Sejumlah PNS Pemprov DKI masih ada yang belum memakai baju Betawi sesuai aturan Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi). Namun, Jokowi memberi toleransi bagi anak buahnya.

"Ini artinya, Pak Gubernur arif betul dalam arti kalau belum siap, biar mempersiapkan diri," kata
Asisten Sekda Bidang Pemerintahan Pemprov DKI Jakarta, Sylviana Murni, saat dimintai komentar masih ada pegawai yang belum memakai baju Betawi.

Hal ini disampaikan Sylviana di Gedung Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Rabu (2/1/2013).

Sylviana mengatakan batas waktu toleransi tidak lama.

"Tetapi tidak lama-lama. Kita juga punya peraturan pemerintah nomor 53 tahun 2010 tentang disiplin pegawai. Tidak langsung represif, ada preemtif dan ada preventifnya dan ini kita serahkan kepada masing-masing SKPD. Kalau hari ini belum pakai, kita mengerti artinya ada toleransi," papar mantan walikota Jakarta Pusat ini.

Dijelaskan dia, Gubernur DKI Jakarta mensyaratkan kepada semua pegawai untuk memakai baju Betawi setiap hari Rabu.

Aturan tersebut sesuai dengan Peraturan Gubernur nomor 209 tahun 2010 yang diterbitkan sejak tanggal 28 Desember 2012.

"Di dalam pergub itu dinyatakan bahwa per 2 Januari 2012, PNS DKI Jakarta menggunakan pakaian-pakaian. Ada 5 pakaian sebenarnya Senin sampai Jumat. Pak Gubernur sudah menerapkan bahwa untuk Rabu menggunakan pakaian khas Betawi. Nah ini sudah berkoordinasi dengan dengan Bamus Betawi," papar pejabat eselon II ini.

Menurut Sylviana, pegawai perempuan bisa menggunakan kebaya Kerancang. Busana ini modelnya pun disesuaikan dengan kondisi.

"Ada yang untuk busana jilbab, bisa dipadupadankan kain dan celana untuk naik motor dan di lapangan," ujar Sylviana.

"Kalau yang lelaki pakai Sadariah yang dilengkai kain pelekat atau yang suka dipakai sarungan dan peci. Alhamdulillah respons baik," lanjut dia.

Warna busana pastel seperti putih, broken white, biru muda, hijau muda.

"Pokoknya warna mudalah. Ini ada panduannya termasuk kainnya juga nama kainnya pucuk rebung atau dikenal dengan nama tumpal," kata dia.

Selain itu, pegawai menggunakan batik Nusantara setiap Kamis dan Jumat. Senin, pegawai memakai baju Linmas warna hijau, Selasa berseragam warna cokelat khaki.


Sumber :
news.detik.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar