Jumat, 26 Desember 2014

Ini Curhat Petani Subang pada Jokowi

Kepada presiden Joko Widodo (Jokowi), petani Subang, Jawa Barat, berkesempatan mengeluarkan uneg-uneg. Berbagai curhatan mereka sampaikan pada Jokowi, mulai dari subsidi untuk petani hingga kekeringan sawah.
Wawan Wahyuna petani asal Subang meminta Jokowi untuk memberikan subsidi beras kepada petani.
"Saya minta padi dibeli pemerintah," pinta Wawan kepada Jokowi, Jumat (26/12/2014).
Selain Wawan, petani lainnya yaitu Kang Bewok, meminta Jokowi untuk membuat sodetan di Sungai Citarum. Alasannya, karena sawah Bewok dkk sering kering. Wawan juga minta agar jalanan di sekita sawah di aspal.
"Saya waktu ke Taiwan, jalanan di sekitar sawah di aspal pak, saya minta tolong agar dicor semua kalau bisa untuk seluruh provinsi Jabar," harap Wawan ke Jokowi.
Atas curhatan para petani, Jokowi langsung memberikan jawaban. Terkait subsidi ke petani, Jokowi mengaku setuju. Menurutnya ketimbang subsidi BBM, lebih baik pemerintah membantu petani karena sasarannya jelas.
"Apa yang diusulkan sudah betul, kalau subsidi BBM yang terima yang mobil, kalau subsidi pupuk bapak-bapak sudah pada tahu larinya kemana? Tapi kalau gabah petani kita beli, ya petani yang dapat. Usulan kang Wawan masih kita otak-atik," jawab Jokowi.
Mengenai permintaan Kang Kribo, Jokowi mengaku pihaknya akan melakukan perbaikan infrastruktur di bidang pertanian. Menurutnya perbaikan infrastruktur akan dilakukan secara bertahap.
"Ini kan swasembada pangan dulu, lalu irigasi, traktor, ini bertahap harus satu-satu," ucap Jokowi.  [detik]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar