Rabu, 31 Desember 2014

Dilantik Jokowi, Luhut Salah Ucapkan Sumpah

Presiden Joko Widodo melantik Luhut Binsar Pandjaitan sebagai Kepala Staf Kepresidenan di Istana Negara, Rabu, 31 Desember 2014. Pelantikan berlangsung selama 15 menit dimulai pukul 13.00 WIB.
Pelantikan Luhut berlangsung beberapa menit seusai Jokowi melantik Kepala Staf TNI Angkatan Laut Laksamana Ade Supandi. Pengangkatan Luhut berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 148/P/2014 yang diteken Jokowi pada 31 Desember 2014.
Saat dilantik, Luhut sempat dua kali salah mengucapkan sumpah jabatan yang mesti dia tiru dari Jokowi. Jokowi mengucapkan, "Bahwa saya setia kepada Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945," Namun ditirukan Luhut menjadi, "Bahwa saya setia kepada Undang-Undang Dasar 1945," ujar Luhut.
Jokowi pun mengulang ucapannya. "Saya ulangi. Bahwa saya setia kepada Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945," kata Jokowi. Namun Luhut kembali kurang lengkap menirukan ucapan Jokowi. "Bahwa saya setia kepada Undang-Undang Dasar Indonesia 1945," ucap Luhut.
Untuk ketiga kalinya Jokowi mengulang lafal sumpah. "Saya ulangi lagi. Setia kepada Undang-Undang Negara Republik Indonesia tahun 1945," ucap Jokowi. Kali ini Luhut sukses mengulangi ucapan Jokowi tanpa kesalahan.
Sebagai Kepala Staf Kepresidenan, Luhut akan bertugas membantu Presiden Jokowi untuk merumuskan kebijakan hingga analisis informasi intelijen. Kantor Kepresidenan merupakan perampingan dari lembaga kepresidenan pada masa pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono.  [tempo]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar