Senin, 17 November 2014

Jokowi Dipastikan Segera Melantik Ahok Jadi Gubernur DKI

Presiden Joko Widodo (Jokowi) dipastikan akan se‎gera melantik Plt Gubernur DKI Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) sebagai Gubernur DKI. Kepastian pelantikan tinggal menunggu koordinasi antara Pemprov DKI, Kemendagri dan protokoler Kepresidenan.
"‎Iya (dilantik presiden) karena Perppu mengatakan begitu," kata Mensesneg Pratikno di komplek Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Senin (17/11/2014).
Pihaknya saat ini tengah menyusun finalisasi dari Keppres pengangkatan Ahok. Di waktu yang bersamaan, dia juga tengah melakukan koordinasi dengan Mendagri Tjahjo Kumolo, pihak Pemprov DKI dan protokoler kepresidenan untuk teknis pelaksanaannya.
"Nunggu koordinasi teknis, ada penjadwalan oleh Kemendagri dan kita protok‎oler. Jadi dalam waktu dekat segera clear," lanjut Pratikno.
Lokasi pelantikan? "Mengenai tempat, yang penting di ibu kota negara," tandasnya.
Pratikno enggan berspekulasi mengenai kepastian pelantikan Ahok. Namun yang pasti, Ahok belum bisa dilantik pada Selasa (18/11/2014) besok.
Senada dengan Pratikono, Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo mengatakan bahwa Jokowi juga akan melantik beberapa kepala daerah lainnya, seperti DI Yogyakarta, secara bersamaan.
"Belum dalam pekan ini, tapi Jokowi setuju melantik," kata Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo di Kantor Presiden, Senin (17/11/2014).
Tjahjo sendiri mengklaim tidak mengetahui pasti waktu dan tempat pelantikan bagi Ahok. Jokowi dalam rapat paripurna hari ini hanya meminta Tjahjo untuk mengkoordinasikan segala kemungkinan untuk pelaksanaan pelantikan. Tjahjo tidak menampik salah satu kemungkinan tempat pelantikan adalah Istana Negara.
Direktur Jenderal Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri, Djohermansyah Djohan, mengatakan Keputusan Presiden tentang pelantikan Ahok sebagai Gubernur Jakarta segera diteken Presiden. "Tadi saya sudah monitor dan mengecek kembali, Kepres yang sudah di Sekretariat Negara akan segera diproses hari ini," kata Djohermansyah di Cikini, Jakarta Pusat, Senin (17/11/2014). Jika sudah diteken, otomatis besok Ahok akan segera dilantik oleh Presiden Jokowi. "Besok sangat mungkin dilantik," ujarnya. Menurut Djohermansyah, Kepres itu nantinya berisi dua keputusan. Pertama tentang pemberhentian Ahok sebagai Wakil Gubernur Jakarta, dan tentang keputusan pengangkatan mantan Bupati Belitung Timur sebagai Gubernur Jakarta. Untuk tempat pelantikannya, dia mengaku belum mendapat informasi. [detik]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar