Sabtu, 13 September 2014

Rencana Pengumuman Formasi Kabinet dan Mobil Esemka


Presiden terpilih Joko Widodo (Jokowi) menjanjikan akan mengumumkan formasi kabinet pemerintahannya pada pertengahan September 2014. Saat ini, siapa orang-orangnya masih dalam pembahasan.
"Nanti tanggal 15 atau pertengahan September akan saya sampaikan. Ini belum waktunya," kata Jokowi usai bertemu para relawannya di Balai Desa Jati, Jaten, Karanganyar, Jawa Tengah, Sabtu (13/9/2014) malam.
Jokowi memastikan bahwa orang-orang yang akan membantunya memerintah Indonesia berasal dari profesional. Setiap malam, kata dia, terus dibahas dengan wakil presiden terpilih Jusuf Kalla.
Jokowi menolak untuk membocorkan apakah dalam kabinetnya akan ada posisi wakil menteri.
Jokowi-JK sebelumnya meminta kepada Tim Transisi Jokowi-JK untuk mendalami opsi format 34 menteri. Dalam format tersebut terdapat 19 kementerian akan dipertahankan dan ada enam kementrian hasil dari penggabungan.

Mobil Esemka
Lebih lanjut Jokowi belum bisa memutuskan apakah mobil Esemka akan dijadikan kendaraan dinas para menterinya dengan dalih masih belum dilantik.
"Akan diputuskan nanti setelah saya resmi di lantik," jelas Jokowi.
‎Menurut Jokowi, saat ini dirinya belum mau memikirkan kendaraan apa yang akan dipergunakan para menterinya. Pasalnya, persoalan kendaraan apa yang akan dipergunakan para menterinya bukalah proritas utama yang harus diputuskan. Masih banyak persoalan lain yang harus dipikirkan untuk segera mendapatkan penanganan.
"Sekarang belum akan membicarakan (Esemka) itu. Yang lainnya dulu,"paparnya.
Menyangkut berapa jumlah menteri yang akan dibentuk Jokowi dalam pemerintahannya nanti. Mantan Wali Kota Surakarta ini enggan menjawabnya.
Menurut Jokowi, bisa saja dirinya nanti akan memutuskan jumlah menterinya sebanyak 34 orang. Namun tak menutup kemungkinan jumlah menteri yang akan dipilih sebanyak 30 orang atau 20 orang.
"Bisa 34, 30 bisa 20 orang. Masih belum selesai. Masih dalam tahap kalkulasi. Kalau sudah selesai, baru diserahkan kepada saya," papar Jokowi.    [tribun]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar