Minggu, 20 Juli 2014

SBY Diapit Presiden Jokowi dan Mantan Rival Presiden Jokowi (+)

Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) sore hari ini memenuhi undangan buka puasa bersama Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) di Istana Negara, Jakarta. Selain Jokowi-JK juga hadir mantan rival Jokowi-JK pada Pilpres 2014, Prabowo Subianto dan Hatta Radjasa, juga tampak dihadiri sejumlah pejabat negara, Minggu (20/7/2014).
Prabowo yang memakai kemeja putih duduk di sebelah kanan SBY . Sementara Jokowi yang mengenakan batik hitam duduk di sisi kiri sang presiden. Sementara Wakil Presiden Boediono duduk berhadap-hadapan dengan SBY .
Selain SBY , Boediono, Prabowo-Hatta dan Jokowi-JK, di meja bundar utama juga duduk pimpinan-pimpinan lembaga tinggi, yakni Ketua MPR Sidarto Danusubroto, Ketua DPR Marzuki Alie, Ketua DPR Irman Gusman dan Ketua MK Hamdan Zoelva. Total ada 10 orang duduk dalam meja bundar tersebut.
Di meja lain, tampak pula sejumlah menteri Kabinet Indonesia Bersatu II. Acara dibuka oleh tausiah oleh Ahmad Yani Basuki. Semua hadirin tampak hening mendengarkan khotbah staf khusus presiden itu.

Pentingnya Silaturahim


Dalam sambutannya, Presiden SBY menekankan pentingnya silaturahmi.
"Silaturahim adalah baik, rakyat menyukai karena silaturahim bisa menciptakan suasana teduh terlebih suasana politik di tanah air tengah menghangat," kata SBY di Istana Negara, Jakarta, Minggu (20/7/2014).
SBY juga berterimakasih kepada Prabowo-Hatta dan Jokowi-JK yang telah bersedia memenuhi undangannya. Menurut SBY, persaudaraan sesama anak bangsa amatlah penting.
Lebih lanjut SBY mengambil pesan dari Rasulullah SAW. Menurutnya, Rasul meminta umatnya untuk menjauhi prasangka buruk antar sesama. Prasangka buruk itu akan hilang jika silaturahmi terjadi.
"Betapa pentingnya kita menjaga tali silaturahim dan gak memutuskannya, dalam kehidupan berbangsa juga kita harus menjaga," katanya.

Suasana Buka Bersama
Suasana dalam buka puasa yang digagas oleh Ketua DPD Irman Gusman ini berlangsung cair dan santai. Presiden SBY terlihat berbincang santai dengan para tokoh yang duduk semeja dengannya seperti Prabowo, Joko Widodo, Ketua MPR Sidharto Danusubroto, Wakil Presiden Boediono, Irman Gusman, cawapres Jusuf Kalla dan cawapres Hatta Rajasa.
Suasana yang cair antara kedua capres ini terlihat saat keduanya sedang bercakap dengan SBY. Di tengah perbincangan itu, Prabowo-Jokowi nampak tertawa, begitu pun dengan Presiden SBY.
Pada buka puasa kali ini Pihak Istana menyediakan menu kurma, kolak pisang, kolang-kaling dan martabak. Usai berbuka puasa, para undangan melaksanakan salat magrib berjamaah dan melanjutkan makan malam dengan menyantap soto bangkong, Suki set Cocasuki, gulai kambing plus lontong.
Jokowi mengaku menikmati soto Bangkong dan hidangan lainnya yang disajikan dalam acara tersebut.
"Buka bersama, alhamdulillah makan enak. Soto bangkongnya enak, nasi kapaunya enak. Enak-enak semua makanannya," tutup Jokowi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar