Sabtu, 25 Januari 2014

Soal Sodetan, Pemerintah Pusat Harus Ikut Turun Tangan Jangan Hanya Jokowi

Rencana Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo ingin membangun sodetan dari Kali Ciliwung menuju Kali Cisadane untuk menanggulangi banjir di Jakarta,mendapatkan penolakan dari warga Tangerang. Pengamat menilai, seharusnya pemerintah pusat harsu berada di garda terdepan dalam urusan ini.
"Seharusnya pemerintah pusat yaitu Kementerian PU harus ikut turun tangan. Jangan hanya gunakan tangan Jokowi saja," ujar Pengamat Perkotaan Yayat Supriatna saat berbincang dengan detikcom, Sabtu (25/1/2014).
Yayat menerangkan, seharusnya pemerintah pusat bisa ikut berkumpul bersama kepala daerah dan menengahi soal sodetan tersebut. Di mana pemerintah pusat bisa menjelaskan kepada warga Tangerang mengenai seperti apa garansi jika sodetan ini benar-benar akan dilakukan.
"Seharusnya pemerintah pusat berkumpul bersama warga Tangerang menjelaskan mengenai bagaimana normalisasi kali kedua sungai yang memang saat ini keadaannya sama-sama memprihatinkan. Jadi jangan hanya pada ribut dari sisi proyek dulu," ujar Yayat.
Yayat menambahkan, sebetulnya proyek sodetan ini bisa ditahan dulu jika waduk Ciawi dan waduk Sukamahi selesai dibangun. Jika kedua waduk selesai dibangun, bisa menekan volume air di Katulampa.
"Jadi dua waduk tersebut bisa menekan volume air di Katulampa jadi kalau itu optimal, proyek sodetan bisa saja tidak dilakukan," imbuh Yayat.

Sumber :
detik.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar