Selasa, 14 Januari 2014

Jokowi: Tanggul Latuharhary dan Waduk Pluit Tanggung Jawab Kementerian PU

Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) kembali menegaskan bahwa penanganan banjir di ibukota juga merupakan tanggung jawab pemerintah pusat. Ketika ditanyai terkait pembangunan Tanggul Latuharhary dan Waduk Pluit, ia menyebutkan bahwa kedua proyek tersebut merupakan kewenangan Kementerian Pekerjaan Umum (PU).
"Sedang dikerjakan Kementerian PU. Itu tanggung jawab PU. Jangan ditanyakan ke saya," kata Jokowi ketika ditanya mengenai persiapan Tanggul Latuharhary di musim banjir saat ini.
Hal tersebut ia sampaikan usai mengecek jalan yang ambles di Jalan TB Simatupang, Jakarta Selatan, Selasa (14/1/2014).
Tahun lalu, Tanggul Latuharhary sempat jebol dan mengakibatkan kawasan Bundaran HI terendam banjir. Di akhir Desember 2013, tanggul tersebut diketahui miring hingga 30 derajat. Jokowi sempat menjanjikan bahwa perbaikan tanggul hanya akan memakan waktu 3 hari namun hingga kini masih belum selesai.
"Ya itu kan kata kontraktornya. Saya kan bertanya ke kontraktor yang ada di situ, paling gak 5 hari. Tapi saya cek sampai sekarang belum rampung. Saya ngomong itu pasti berdasarkan informasi lapangan," lanjut mantan Walikota Solo ini.
Saat ditanya tentang pengerukan Waduk Pluit, Jokowi juga menyebutkan bahwa proyek tersebut adalah tanggung jawab Kementerian PU. Meski begitu, Jokowi mengatakan Pemprov DKI tak ingin lepas tangan.
"Semestinya itu tangung jawab Kementerian PU. Tapi ini ya tidak apa-apa. Ini bukan masalah tangung jawab siapa tapi kalau misalnya Pemprov DKI bisa kerjain, kita kerjain," lanjut suami Iriana ini.
Sebelumnya, Jokowi sudah menegaskan bahwa penanganan masalah banjir di Jakarta tidak semata tugas Pemprov DKI, sebab ada 13 sungai besar di Jakarta yang masuk dalam tanggung jawab Pemerintah Pusat.
"Penangan banjir ini bukan hanya dilakukan oleh Pemprov DKI saja tapi juga tanggung jawab pemerintah pusat seperti 13 sungai besar. Sungai kecil, 884 saluran penghubung itu ada di DKI," kata Jokowi usai melakukan pelantikan Wali Kota Jakarta Utara di Waduk Cincin Utara, Papanggo, Kelapa Gading, Jakarta Utara, Senin (13/1/2014).

Sumber :
detik.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar