Selasa, 14 Januari 2014

Jokowi: Pompa Tak Cukup, Butuh Normalisasi Kali untuk Atasi Banjir Kembangan

Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) meninjau lokasi banjir di Kembangan Utara, Jakarta Barat. Setelah meninjau, Jokowi mengakui pompa yang ada tidak akan mampu mengatasi banjir di wilayah tersebut.
"Di sini memang airnya dari Kali Angke, dari Cisadane masuk ke sini. Pompanya sudah ada (dari Pemprov DKI), memang tidak mampu mengatasi air," kata Jokowi usai meninjau lokasi banjir di Jalan Kembangan Utara, Jakarta Barat, Selasa (14/1/2014).
Menurutnya, proyek normalisasi Kali Angke yang ditangani pemerintah pusat jadi kunci pemecah masalahnya. Proyek tersebut sudah dimulai, namun hingga kini belum selesai.
"Dua tahun ini kalau selesai akan beda lah. Jadi nanti Kali Angke ini diperlebar dan diperdalam," beber Jokowi setelah menerjang banjir setinggi dada dengan perahu karet di wilayah itu.
Menurut mantan Wali Kota Solo ini, selama normalisasi Kali Angke belum selesai, warga Kembangan Utara masih akan mengalami banjir seperti ini. Pompa milik Pemprov DKI Jakarta sudah diujicoba namun ternyata belum mampu menyedot semua air yang menggenangi wilayah tersebut.
"Pemda sendiri sudah. Pompa di situ tapi tidak mampu. Pompanya sudah dicoba tapi nggak mampu mengatasi karena airnya banyak," imbuhnya.
Jokowi tiba di Kembangan Utara pada pukul 12.05 WIB dan meninjau lokasi banjir setinggi dada orang dewasa dengan menggunakan perahu karet. Ia sempat meninjau lokasi pengungsian yang terletak di SDN 01 Pagi Kembangan dan mendistribusikan sejumlah bantuan.

Sumber :
detik.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar