Minggu, 08 Desember 2013

Jokowi Pantau Simulasi Penanggulangan Banjir di Waduk Pluit

Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) hadiri acara simulasi penanggulangan bencana di Waduk Pluit, Jakarta Utara. Acara simulasi tersebut merupakan acara yang diadakan BNPB Pusat dan BNPB DKI Jakarta.
Jokowi hadir di Waduk Pluit menggunakan mobil Land Cruiser warna hitam B 1961 RFR. Jokowi datang menggunakan kaos lengan panjang bewarna merah-putih. Kedatangan Jokowi seperti biasa disambut dengan meriah oleh warga sekitar.
Tidak banyak yang berebutan ingin bersalaman dengan orang nomor 1 di DKI Jakarta itu.
"Kita sekarang tidak ingin seperti tahun lalu. Kalau kemarin cuman apel, kita sekarang langsung berada di tempat kejadian. Langsung di tempat yang diperkirakan terkena banjir," jelas Jokowi di Waduk Pluit kepada wartawan, Minggu (8/12/2013).
Jokowi mengatakan, nantinya setiap pendistrubusian bantuan dan peralatan evakuasi semuanya terorganisir. Dan dibawah satu komando.
"Evakuasi dan peralatan seperti apa semua di organisasikan oleh BNPB dalam satu komando," jelas Jokowi.
Simulasi penanggulan banjir yang dilakukan di Waduk Pluit berupa praktek bagaimana mengangkut orang menggunakan tandu, cara menyelamatkan diri saat tenggelam dan bagaiama warga-warga yang terkena banjir mengangkut barang-barangnya untuk diselamatkan sambil teriak 'banjir..banjir'


Ada Teriakan Minta Tolong Saat Jokowi di Waduk Pluit
Teriakan minta tolong terdengar dari balik genangan air di Waduk Pluit, Jakarta Utara. Sementara di pinggir waduk Jokowi tengah meninjau lokasi, saat seorang warga meminta tolong.
Lalu dengan sigap, dua perahu karet dikerahkan untuk menyelamatkan orang yang terus berteriak minta tolong itu. Dengan segera, perahu mendekat dan si korban berhasil diangkat naik ke atas perahu. Sementara itu, Jokowi terus mengamati. Di atas perahu, korban diberi pertolongan pertama. Air yang sempat tertelan dikeluarkan.
Jokowi berada di sana untuk meninjau simulasi ini. Jokowi tak ingin kecolongan lagi dalam menghadapi banjir di musim hujan kali ini.
"Jangan cuma apel, sekarang langsung berada di tempat kejadian. Jadi kan bisa tahu apa yang dikerjakan, diorganisasikan, dan distribusikan saat banjir," kata Jokowi di Taman Waduk Pluit, Jakut, Minggu (8/12/2013).
Jokowi menuturkan, pertolongan korban dan bantuan yang akan diberikan kepada korban banjir harus terorganisir, mulai dari pertolongan pertama hingga distribusi makanan. "Evakuasi dan peralatan seperti apa semua diorganisasikan oleh BNPB dalam satu komando," pungkas Jokowi.

Sumber :
- detik.com
- liputan6.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar