Rabu, 10 Juli 2013

3 Jurus Parkir Jokowi

Polemik perparkiran nan semrawut di Ibukota segera terurai. Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) punya usulan nan cemerlang mulai dari tarif hingga lahan parkir di Monas.
Terbaru, Jokowi telah memasukkan usulan menaikkan tarif parkir patgulipat ke DPRD DKI Jakarta. Selain meningkatkan pendapatan daerah, kebijakan ini untuk membatasi penggunaan kendaraan pribadi dan pengembalian fungsi badan jalan. Jokowi juga ingin kesejahteraan juru parkir ditingkatkan. Sang juru parkir rencananya digaji hingga Rp 4 juta. Tidak hanya itu, Jokowi menawarkan usulan parkir bawah tanah di Monas sebagai solusi untuk melenyapkan parkir liar yang menjamur.

Berikut 3 jurus Parkir Jokowi: :
  1. 10 Juli 2013, Usulkan Kenaikkan Tarip Parkir Patgulipat. Jokowi mengusulkan kenaikan empat kali lipat tarif parkir di badan jalan (on street). Usulan tersebut kini sudah diserahkannya kepada DPRD DKI Jakarta untuk disahkan. Usulan kenaikan tarif parkir tersebut bukan hanya untuk meningkatkan pendapatan daerah. Namun juga membatasi penggunaan kendaraan pribadi dan pengembalian fungsi badan jalan."Dengan tarif yang mahal, orang akan berpikir dua sampai tiga kali untuk membawa kendaraan ke tengah kota. Sehingga fungsi dan kapasitas badan jalan bisa dikembalikan untuk lalu lintas kendaraan," ujar Kepala UPT Perparkiran DKI Jakarta, Enrico Vermi, Rabu (10/7/2013) 
  2. 3 Juli 2013, Menggaji Juru Parkir s/d 4 Juta. Pemprov DKI Jakarta berencana menggaji para juru parkir di jalanan dengan kisaran Rp 3 sampai 4 juta per bulan. Langkah itu dilakukan oleh Jokowi untuk menaikkan kesejahteraan para juru parkir. "Kita ingin menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan sosial ekonomi. Yah mestinya ada sebuah tindakan konkret," kata Jokowi di Balaikota, Jl Medan Merdeka Selatan, Jakarta, Rabu (3/7/2013).
  3. 2 Mei 2013, Menyediakan Lahan Parkir Di Bawah Monas. Parkir liar yang menghiasi sepanjang kawasan Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, bakal 'dilenyapkan'. Jokowi menawarkan solusi parkir bawah tanah di Lapangan IRTI, Monas. Parkir liar menjadi salah satu topik bahasan saat Jokowi menerima kunjungan Gubernur Lemhannas Budi Susilo Supandji. Budi mengeluhkan maraknya parkir liar di sekitar kantor Lemhannas dan Balaikota itu. "Solusinya, tahun depan kita akan mulai bangun parkir dalam tanah. Ini di depan kita, di lapangan IRTI (Monas). Jadi nanti semuanya akan di dalam, nggak ada lagi yang di atas tanah," kata Jokowi di Balaikota, Jl Medan Merdeka Selatan, Jakarta, Kamis (2/5/2013).


Sumber :
detik.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar