Jumat, 12 April 2013

Jokowi bentuk tim khusus untuk lestarikan Kota Tua

Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) serius ingin menata kembali dan melestarikan kawasan Kota Tua, Jakarta Utara. Pagi ini, Jokowi mengadakan rapat dengan tim penasehat pelestarian lingkungan dan bangunan cagar budaya DKI Jakarta guna membahas konservasi bangunan peninggalan Belanda di Jakarta.

Jokowi akan membentuk badan-badan khusus untuk segera merealisasikan keinginannya menjadikan Kota Tua sebagai ikon Jakarta.

"Beliau menegaskan bahwa beliau akan melakukan percepatan kota tua menjadi kota yang menjadi ikon Jakarta dan sesuatu yang menjadi magnet yang enggak kalah dengan kota-kota lainnya di dunia," ujar Yuke Ardhiati, tim penasihat itu usai bertemu Jokowi di Balai Kota Jakarta, Jumat (12/4).

Untuk memenuhi keinginan Jokowi, Yuke dan timnya sudah menyiapkan konsepnya dan menunggu proses untuk merealisasikannya. Menurut Yuke, Jokowi melakukan ini bertujuan untuk memberi bekal kepada warga Jakarta siap menerima Kota Tua sebagai kota yang bernilai intan, melebihi emas.

"Beliau (Jokowi) mengatakan sesegera mungkin. Dan akan diberi sebuah persiapan khusus yang bisa mendorong percepatan ini. Jadi Jakarta bersiap menerima kota tua sebagai keberkahan," ujarnya.

Dalam merevitalisasi Kota Tua, Yuke mengaku menemui kendala dalam mencari ahli yang paham konservasi. Sedangkan, hambatan kepemilikan Kota Tua adalah BUMN. "Itu adalah tugas pemerintah, beliau yang akan memfasilitasi, arsitek tugasnya berencana," ujarnya.


Sumber :
merdeka.com

Berita Serupa :
www.tempo.co : "Kota Tua Jakarta Segera Dikonservasi"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar