Senin, 22 April 2013

Cari pengganti 4 pejabat DKI yang kosong, Jokowi surati DPRD

Kekosongan empat jabatan eselon II di Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta saat ini, menurut  Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) telah melayangkan surat kedua kepada Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DKI Jakarta, terkait rekomendasi pengangkatan keempat posisi yang kosong tersebut.

"Sudah saya saya surati lagi, sudah surat ke-dua. Hari ini mau saya layangkan surat lagi. Ini sebetulnya bukan persetujuan, tapi pertimbangan. Tapi etika saya masih menyurati lagi yang ke-dua," ujar Jokowi di Kantor Balai Kota, Jakarta, Senin (22/4/2013).

Jokowi menjelaskan bahwa dirinya hanya ingin mengikuti prosedur pengangkatan keempat pejabat eselon II itu. Oleh sebab itu, dia mengharapkan DPRD DKI segera memberikan surat rekomendasi kepada calon yang telah diajukan Pemprov DKI.

Jokowi menambahkan kekosongan jabatan itu tidak akan mempengaruhi roda pemerintahan Ibu Kota.

Keempat posisi jabatan yang kosong adalah Wali Kota Jakarta Barat karena Burhanuddin mengundurkan diri setelah mencalonkan diri sebagai calon legislatif (caleg) 2014 DPRD DKI Jakarta dari Partai Gerinda. Kemudian Wakil Wali Kota Jakarta Barat, Sukarno yang telah memasuki masa pensiun sejak 1 April 2013 lalu. Selanjutnya adalah Wali Kota Jakarta Selatan yang sebelumnya dijabat oleh Anas Effendi dan dimutasi sebagai Kepala Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah. Terakhir adalah posisi Sekretaris Kota Jakarta Timur yang kosong setelah Husein Murad dipromosikan menjadi Wakil Wali Kota Jakarta Timur.

Sementara itu menurut Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta Triwisaksana, pihaknya belum memberikan jawaban karena belum sempat membahas pengajuan nama bakal calon wali kota yang diajukan. Ia berjanji akan mempercepat proses pemilihan jabatan wali kota tersebut.
"Belum sempat dibahas, nanti kami bahas disetujui atau tidak. Kalau nama yang rekomendasikan tidak disetujui, akan dicari nama lainnya," kata Triwisaksana.
Sementara waktu, kekosongan jabatan wali kota diisi oleh pelaksana tugas (Plt) untuk masing-masing wilayah. Wakil Wali Kota Jakarta Selatan Syamsudin Noor ditunjuk sebagai Plt Wali Kota Jakarta Selatan. Sementara untuk wilayah Jakarta Barat, Asisten Sekda Bidang Pemerintahan Sylviana Murni ditunjuk sebagai Plt Wali Kota Jakarta Barat.


Berita Serupa :
- megapolitan.kompas.com : "Lambatnya DPRD Bikin Jokowi Gemas"
- news.detik.com : "Tanya Nasib Wali Kota, Jokowi Surati DPRD Lagi" 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar