Minggu, 16 November 2014

Welcome Home Presiden Jokowi

Presiden Joko Widodo tiba di Indonesia. Kunjungan kerja ke luar negeri untuk mengikuti tiga pertemuan tingkat tinggi di tiga negara tuntas sudah. Pekerjaan besar sudah menanti presiden di Jakarta.
Pesawat kepresidenan mendarat mulus di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, sekitar pukul 19.00 WIB, Minggu (16/11/2014).
Sebelumnya, pesawat Boeing Business Jet 2 tersebut terbang dari Brisbane Australia dan menempuh waktu perjalanan selama 6 jam 50 menit.
Di dalam rombongan yang ramping tersebut, ada Kahiyang Ayu, Seskab Andi Widjajanto dan mantan Kepala BKPM Mahendra Siregar. Kehadiran Mahendra dalam kapasitas sebagai pemangku kepentingan di ajang G-20, Brisbane.
Sebelumnya, Jokowi sudah menghadiri KTT APEC di Beijing selama empat hari. Di sana, sempat terjadi pertemuan bilateral dengan pemimpin negara-negara maju, seperti Presiden Tiongkok Xi Jinping, Presiden AS Barack Obama dan lainnya. Jokowi menggunakan diplomasi blak-blakan saat berjumpa dengan mereka. Tak lupa, saat forum CEO Summit, presiden ketujuh RI itu memberikan presentasi yang dinilai banyak kalangan luar biasa dan to the point.
Setelah itu, Jokowi terbang ke Myanmar untuk menghadiri KTT ASEAN dan KTT Asia Timur. Terjadi juga beberapa pertemuan bilateral yang positif untuk perbaikan Indonesia ke depan.
Terakhir, di Brisbane, Australia, Jokowi mengikuti KTT G-20 selama dua hari. Selain memberikan pidato intervensi dan pertemuan bilateral, Jokowi juga sempat mengunjungi pelabuhan Brisbane untuk meninjau berbagai fasilitas di sana.
Seskab Andi Widjajanto sebelumnya mengatakan, secara umum, misi yang dibawa Jokowi dari Jakarta cukup berhasil. Bahkan bisa dibilang melebihi ekspektasi sebelumnya. Ternyata, ada beberapa kepala negara yang tidak terjadwal untuk melakukan pertemuan bilateral, namun belakangan meminta hal tersebut. Hal ini menandakan, kehadiran Jokowi cukup diperhitungkan di dunia.
Andi juga memastikan, Jokowi akan langsung bekerja begitu sampai di Indonesia. Hari Senin (17/11) besok, bakal ada rapat kabinet untuk membahas hal-hal yang diperoleh Jokowi di luar negeri, lalu disampaikan pada para menteri untuk segera dieksekusi.

Ahok Tak Ketinggalan Ikut Jemput Jokowi
Kedatangan Jokowi disambut oleh Wapres JK, Kapolda Metro Irjen Unggung Tjahyono dan Pangdam Jaya Mayjend Agus Sutomo. Turut hadir dalam deretan yang menyambut Jokowi, Mendag Rachmat Gobel, Menkes Nila Moeloek dan tak ketinggalan Kawan Lama Jokowi saat menjabat sebagai gubenur DKI yaitu Plt Gubernur DKI Basuki Tjahaya Purnama (Ahok).
Jokowi langsung menuju ke ruang VVIP Bandara Halim Perdana Kusumah. Di ruang ini, dia sudah ditunggu Menkopolhukam Tedjo Edhy.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar