Selasa, 11 November 2014

Begini Gaya Jokowi Saat Diskusi dengan Obama, Jinping dan Putin

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengikuti forum diskusi pemimpin APEC di Beijing. Di acara tersebut, Jokowi bersanding di samping Presiden Barack Obama dan Presiden Tiongkok Xi Jinping.
Acara retreat digelar di kawasan Yanqi Lake, Beijing, Selasa (11/11/2014). Pembicaraan berlangsung sekitar satu jam dari pukul 10.00 waktu setempat hingga 11.00.
Ada sekitar 20 kepala negara yang ikut dalam forum diskusi tersebut. Mulai dari PM Australia Tony Abbott, PM Jepang Shinzo Abe, PM Malaysia Najib Razaq, sampai Presiden Rusia Vladimir Putin.
Presiden Jinping sempat membuka kegiatan diskusi menggunakan bahasa Tiongkok. Setelah itu, cara berlangsung tertutup, sehingga tidak diketahui isi pembicaraan. Yang jelas, Jokowi sudah berjanji akan menyampaikan pandangannya dalam bahasa Indonesia.
Jokowi duduk di sisi kanan Obama. Lalu di samping Obama ada Jinping. Lalu disambung para pemimpin lainnya dengan bentuk melingkar.
Setelah diskusi, para pemimpin negara itu keluar ruangan menuju lokasi penanaman pohon dengan berjalan kaki. Sepanjang jalan, tampak Jokowi ngobrol serius dengan PM Putin. Belum jelas apa yang dibicarakan.  [detik]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar