Jumat, 10 Oktober 2014

Jokowi Ciutkan Jumlah Kementerian

Presiden terpilih Joko Widodo (Jokowi) mengubah struktur jumlah kabinetnya. Jokowi mengurangi satu kementerian dalam kabinetnya dari 34 menjadi 33 kementerian.
Sedangkan jumlah menteri koordinator bertambah satu setelah sebelumnya berjumlah tiga. Jokowi mengatakan, sebelum mengambil keputusan untuk mengubah struktur kabinet, telah melakukan evaluasi secara bertahap bersama Wakil Presiden terpilih Jusuf Kalla (JK).
"Sudah diisi semuanya, tapi masing-masing (menteri) itu ada yang isinya. Ada yang lima, empat dan tiga. Nanti baru disaring-saring. Nanti kalau sudah final betul, tapi sampai kini ada 33 menteri 4 menko," kata Jokowi di rumah dinas Gubernur DKI Jakarta, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (10/10).
Hal ini berdampak pada pembagian pos menteri untuk profesional dan partai pendukung. Jika struktur kabinet berjumlah 34, Jokowi mengalokasikan 18 profesional dan 16 profesional partai. Karena kini menjadi 33 kementerian, maka jatah untuk partai berkurang.
"Sekali lagi ini kami evaluasi terus, kami harus kerja operasional dan detail, supaya makro kena dan mikronya kena. Sementara 18 profesional dan 15 profesional parpol, tapi belum final," terangnya.  [merdeka]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar