Sabtu, 07 Desember 2013

Jokowi Muncul di Kerumunan Festival Keraton

Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) menghadiri rangkaian acara pagelaran agung pada Festival Keraton Sedunia, Sabtu (7/12/2013). Jokowi hadir pada pukul 16.40 dengan mengenakan pakaian khasnya, kemeja putih lengan panjang yang digulung sesikut, celana panjang hitam, dan sepatu kets coklat.
Sebelumnya, Jokowi diketahui bertolak ke Solo pada hari ini untuk menghadiri acara wisuda putrinya di Universitas Negeri Solo. Festival Keraton sendiri sebelumnya sudah dibuka oleh Jokowi pada Jumat (5/12/2013), lalu dengan dirinya berpenampilan seperti raja.
Jokowi tiba di lapangan selatan tugu Monas saat penampilan tarian pabisu asal Kerajaan Siang, Pancagene, Sulawesi Selatan. Saat tiba di area penonton, Jokowi diserbu pengunjung yang ingin berjabat tangan atau sekedar menyapa dirinya atau meminta foto bersama.
Tarian pabisu yang tengah dipertunjukkan pun teralihkan perhatiannya akibat kehadiran orang nomor satu di DKI Jakarta tersebut. Hanya penonton yang berdiri di depan panggung dan beberapa fotografer yang menyaksikan atraksi menusuk dada dan pipi menggunakan keris pada tarian tersebut.
Jokowi bergabung dengan penonton yang duduk lesehan di lapangan, meski terdapat panggung penonton dengan bagian kursi yang dikhususkan bagi tamu VIP.
Usai penampilan tarian pabisu, pemain bagpipe asal Keduataan Inggris, Sally Gautama, sebagai perwakilan dari Kerajaan Inggris hadir dan melantunkan lagu Halo Halo Bandung, meski penonton berkumpul di titik Jokowi duduk.
Jokowi juga menyaksikan penampilan seorang anak perempuan perwakilan dari Kedutaan Besar Inggris membawakan irama lagu 'Halo-halo Bandung' dengan memainkan alat musik tiup bagpipes.
Setelah sejenak menyaksikan acara musik, Jokowi melangkahkan kaki menuju lokasi pameran kereta kencana.
"Ini supaya orang-orang kalau jalan tidak cuma ke mal tidak hanya cuma hedonis. Di sini kan tadi ada panggung, festival kuliner, dan yang paling ditunggu besok nih, pawainya," kata Jokowi.
Jokowi masih merahasiakan kostum khusus yang bakal dikenakannya Minggu 8 Desember 2013.
"Ah itu tunggu besok saja. Yang pasti pakai baju," ujar Jokowi sambil tersenyum.
Setelah penampilan bagpipe, pagelaran agung ditunda hingga pukul 19.00 nanti, dan Jokowi bertolak menuju lokasi pameran kereta kencana di sebelah timur panggung. Menyempatkan diri melihat-lihat sejenak beberapa unit kereta kencana, Jokowi kemudian berjalan dengan kawalan ketat menuju mobilnya, Kijang Innova B 1124 BH.

Sumber :
- tempo.co
- detik.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar