Senin, 02 Desember 2013

Jokowi Dipercaya Masyarakat

Wakil Sekretaris Jenderal Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Achmad Basarah menilai melejitnya tingkat elektabilitas Joko Widodo pada beberapa hasil survei menunjukkan kesuksesan sistem kaderisasi partai. "Membuktikan bahwa kader-kader partai kami dipercaya oleh masyarakat," ujarnya kepada Tempo, Senin (2/12/2013).
Menurut Achmad, hasil survei yang dipiblikasikan oleh lembaga-lembaga analis politik dijadikan referensi oleh partainya untuk menimbang siapa yang akan dijagokan menjadi calon presiden. "Tapi, sesuai amanat kongres tertinggi partai, keputusan tetap ada di Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarno Putri," kata dia.
Achmad optimis PDI Perjuangan bisa meraih 27 persen suara pada pemilihan umum calon legislator tahun depan. Partai berlambang banteng ini menyiapkan tiga skenario pencapresan, salah satunya dengan memasangkan Megawati dan Jokowi. "Suatu kombinasi yang menarik."
Peneliti dari Center for Strategic and INternational Studies J. Kristiadi sebelumnya mengatakan kasus korupsi beberapa kader PDI Perjuangan tidak akan mempengaruhi elektabilitas partai. Alasannya, selain karena korupsi yang merata terjadi di semua partai, PDI Perjuangan punya Jokowi. "Dia tengah digandrungi masyarakat," ujar dia.
Sebaliknya, ujar Kristiadi, kasus korupsi bisa melambungkan popularitas partai ini asalkan pemimpin PDI Perjuangan bersikap tegas. "Jangan ada isyarat membela, serahkan saja semua kepada hukum," katanya.

Sumber :
tempo.co

Tidak ada komentar:

Posting Komentar