Minggu, 18 Agustus 2013

Faktor Jokowi Sangat Membantu Perolehan Suara Pilkada

Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) yang memuncaki survei capres jadi jurkam pasangan cagub Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) di Jawa Timur (Jatim). Apakah cara ini mampu mendongkrak elektabilitas Bambang Dwi Hartono dan Said Abdullah? Mengingat selama musim kampanye tahun 2013 ini, sudah tercatat tiga kali cagub PDIP dipecundangi oleh cagub dari partai lain.
"Kalau untuk beberapa konteks memang untuk shortcut ke Jokowi lumayan efektif. Namun sampai sekarang belum ada penelitian soal Jokowi effect ini dahsyat atau enggak," kata peneliti Lingkaran Survei Indonesia (LSI), Rully Akbar, di gedung LSI, Jalan Pemuda, Rawamangun, Jakarta Timur, Minggu (18/8/2013)
Menurut Rully, Jokowi bukan jaminan bagi calon PDIP untuk menang Pilkada. Ada catatan cagub yang dibantu kampanye Jokowi tetap tumbang.
"Soalnya Pilkada yang dia datangi tidak selalu menang. Contohnya waktu di Sumut nggak menang, Bali nggak menang dan menang cuma di Jateng saja," katanya.
Namun setidaknya ada yang bisa diharapkan mendongkrak suara. Apalagi calon PDIP di Jatim relatif melempem.
"Namun, Mau nggak mau memang faktor Jokowi sangat membantu, cuma signifikan apa tidak belum tau lebih dalam," tandasnya.

Sumber :
detik.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar