Selasa, 16 Juli 2013

Jokowi Mantap Jadi Capres, Pas Jadi Cawapres

Fenomena Joko Widodo (Jokowi) belum juga pudar. Pasca kemenangan di Pilgub DKI Jakarta, elektabilitas Jokowi terus naik, kini Jokowi masuk tangga capres dan cawapres paling potensial.
Setidaknya berdasarkan telesurvei yang digelar oleh Indonesia Research Centre (IRC), elektabilitas Jokowi di atas angin. Sebagai capres Jokowi meraih elektabilitas 32% dukungan responden jauh di atas capres lain seperti Prabowo Subianto, Wiranto, bahkan Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri.
"Sebagian besar publik memilih Jokowi (32 persen) sebagai presiden," kata peneliti IRC Agus Sudibyo dalam pernyataanya, Senin (15/7/2013) malam.
Populasi survei adalah pemilik telepon di 11 kota besar di Indonesia (Bandung, Jakarta, Surabaya, Makassar, Denpasar, Medan, Palembang, Lampung, Semarang, Samarinda dan Tangerang). Survei dilaksanakan pada tanggal 8 - 11 Juli 2013 dengan jumlah sampel sejumlah 794 responden yang dipilih secara acak dari buku telepon residensial terbaru terbitan Telkom. Margin of error survei tersebut diperkirakan 3,48% pada tingkat kepercayaan 95%.
Namun sampai saat ini umumnya masyarakat belum bisa menentukan pasangan mana yang potensial untuk mendampingi Jokowi. Wajar saja, karena sampai saat ini PDIP belum memutuskan akan mencapreskan Jokowi, meskipun elektabilitasnya terus naik.
"Pada umumnya masyarakat belum bisa menentukan pasangan mana yang potensial untuk mendampingi Jokowi, Prabowo Wiranto, atau pun Aburizal Bakrie," katanya.
Namun demikian ada sebagian masyarakat yang menyebutkan Jokowi cocok disandingkan dengan Dahlan Iskan (13,9%), Ahok (11,9%), Hary Tanoe (5,7%) dan Mahfud MD (2,6%).
Jokowi pun dianggap sebagai tokoh yang paling pas menjadi cawapres bagi para capres potensial yang sudah muncul ke permukaan. Mungkin bisa dikatakan bak iklan minuman botol, siapapun capresnya, Jokowi cawapresnya.
Jokowi dianggap cocok menjadi cawapres pendamping Prabowo oleh 20,4% responden, cawapres pendamping Wiranto (6%), dan cawapres pendamping Aburizal Bakrie (14,7%).
Memang rumor santer juga Prabowo Subianto sedang meminang Jokowi menjadi cawapresnya. Demikian juga dengan elite Golkar yang terus mewacanakan duet Ical-Jokowi di Pilpres 2014. Lalu apakah fenomena Jokowi akan berlanjut sampai Pilpres 2014? Dalam hal ini masa depan politik Jokowi di 2014 sangat terkait dengan restu Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri.


Sumber :
detik.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar