Selasa, 16 Juli 2013

Jokowi Cari 'Jurus' Lain Cegah Lonjakan Penduduk Jakarta Pasca Lebaran

Pasca arus balik mudik lebaran mendatang Pemprov DKI Jakarta kembali menggelar Operasi Yustisi Kependudukan (OYK). Namun karena tak efektif menekan masuknya pendatang baru ke Jakarta, Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) merasa perlu ada jurus-jurus selain yustisi.
"Operasi yustisi itu sudah diadakan beberapa puluh tahun, jumlah penduduk tetap nambah atau ndak?" ujar Jokowi usai menghadiri 'Silaturrahmi dengan Zakat' di Istora Senayan, Jakarta, Selasa (16/7/2013).
Namun bukan karena kurang efektif lantas OYK akan ditiadakannya. Hanya akan dilakukan perbaikan dalam pelaksanaannya agar lebih bisa menekan lonjakan jumlah penduduk Jakarta usai lebaran.
"Ini yang mau kita cari jurus lainnya. Kalau itu terbukti efektif, akan kita pakai," katanya.
Beberapa alternatifnya, terang Jokowi, yaitu dengan melakukan sosialisasi kepada warga untuk tidak membawa sanak saudara bermukim di Jakarta, dan merubah sistem kependudukan DKI Jakarta.
"Ada alternatif yang lain akan kita coba. Entah kampanye atau imabauan besar-besaran atau sistem kependudukannya kita ubah agar tidak menghambat kependudukan Jakarta," kata Jokowi.


Sumber :
detik.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar