Selasa, 16 Juli 2013

Jawaban Karet Ala Jokowi

Pada berbagai survei yang diadakan untuk menentukan siapa kandidat yang diminati atau setidaknya cukup dikenal publik untuk Pemilu Presiden 2014, terus saja menempatkan Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) sebagai penghuni Top Hit Survei Capres 2014 memupuskan harapan semua tokoh politik nasional, bahkan yang jauh lebih senior.
Apakah Jokowi menanggapi hasil-hasil survei  ini? Berdasarkan rekaman file pada Jokowi Diary, Jokowi tak pernah sekali pun menyatakan ingin maju menjadi calon Presiden 2014. Sebaliknya, Jokowi pun tak pernah mengatakan tidak ingin maju menjadi calon Presiden 2014.

15 Juli 2013 :
"Tanyakan (pada) yang nyurvei. Saya itu bukan orang ndeso, tapi wajah ndeso. (Saya ini) orang kota. Beda lho, wajah ndeso sama orang ndeso," elak Jokowi menaggapi hasil survei di gedung Balaikota DKI, Jl Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat.

8 Juli 2013 :
"Sudahlah, jangan goda-godain saya, jangan manas-manasi," kata Jokowi usai menghadiri pelantikan Ketua MPR Sidarto Danusubroto di Gedung DPR, Senayan, Jakarta.

27 Juni 2013 :
"Hasil survei itu cerminan dari keinginan masyarakat. Tapi kewenangan dan yang memutuskan dari PDIP di ibu ketua umum," kata Jokowi usai makan siang di Rumah Makan Ampera, Jakarta Selatan.
"Saya tidak mau digosok-gosok, digoda-goda, dikompor-kompori masalah itu. Konsentrasi saya masih banjir, rusun, macet, waduk," tegas Jokowi . 

11 Juni 2013 :
"Tolong ditanyakan ke Ibu Ketua Umum, karena beliau yang ada di kongres maupun di rakernas," kata Jokowi di gedung Balaikota DKI, Jl Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat.

29 Mei 2013 :
"Paling enak sih ya dipasangkan sama istri saya." kata Jokori di gedung Balaikota DKI, Jl Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat.

28 Mei 2013 :
Dari gedung Balaikota DKI, Jl Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Jokowi mengatakan :
"Jadi capres? Wong dari dulu nggak pernah mikir lah (soal itu)"
"Deg degan, deg degan, gitu aja dibilang dari dulu nggak pernah mikir kok"
"Kalau saya itu (Pilpres, red) nggak mikir ngurusin KJS aja pusing. Mau di interpelasi, rusun mau di impeachment. Nggak ngurusin polling"

27 Mei 2013 :
Di Bandara Halim Perdanakusuma, Jokowi mengatakan :
"Memang di survei siapa pun ya (tinggi elektabilitas), hahaha. Sombong dikit"
"Ndak lah. Sampai detik ini, enggak mikir ke sana, enggak mikir, enggak mikir, enggak mikir, enggak mikir, enggak mikir, enggak mikir. Boleh dong saya enggak mikir"

17 Maret 2013 :
"Saya mau fokus nggak mau mikir survei, polling, nggak mau mikir konvensi, nggak mikir capres mencapres. Saya mau kerja urus taman, rusun, MRT dan lain-lain," kata Jokowi di gedung Balaikota DKI, Jl Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat.

15 Maret 2013 :
"Ya jelas nomor 1," kata Jokowi di sela-sela kunjungan ke Rusunawa Pinus Elok, Penggilingan, Cakung, Jakarta Timur.

9 Maret 2013 :
“Saya nggak mikir jadi capres, gimana mau jawab tawaran itu, ha-ha-ha’’
Ketika ditanya apakah Jokowi menolak pencapresan, Jokowi menjawab :
"Ah, kan saya sudah bilang tadi nggak mikirin, kok ditolak. Dipikirin saja tidak, jangan dipolitisir lah"
"Sekarang ini lebih penting saya memikirkan DKI Jakarta, seperti mengurus kampung deret, kampung kumuh, penataan sungai Ciliwung, penataan kampung macet, banjir, nomor genap ganjil, monorel, MRT, gitu-gitu saja"


Tidak ada komentar:

Posting Komentar