Selasa, 16 April 2013

Hari ini, Jokowi tunjuk wali kota Jakbar sementara

Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo hari ini berencana akan mengumumkan pelaksana harian pengganti Wali Kota Jakarta Barat Burhanuddin. Penetapan pelaksana harian ini terkait dengan pengunduran Burhanuddin sebagai orang nomor satu di Jakarta Barat.

"Hari ini, pak gubernur akan menunjuk pelaksana harian, karena posisi tersebut sekarang kosong sama sekali," kata Sekretaris Kota (Seko) Kotamadya Jakarta Barat Rustam Effendi saat dihubungi, Selasa (16/4).

Sampai terpilihnya pelaksana harian, lanjut Effendi, maka dirinya bertugas mengambil alih administratif wali kota sementara. Tugas tersebut di antaranya menandatangani surat menyurat yang terkait kebijakan dan anggaran.

Effendi berharap, Gubernur Jokowi dapat menetapkan pelaksana harian hari ini. "Mudah-mudahan hari ini gubernur bisa langsung menunjuk pelaksana harian karena posisi walikota tidak boleh kosong," ujarnya.

Sementara, Kepala Kantor Kepegawaian Pemkot Administrasi Jakarta Barat Sugeng Irianto mengatakan, Burhanuddin pada Senin (15/4) telah mengajukan surat pengunduran diri ke Gubernur Jokowi.

"Artinya dengan adanya surat pernyataan diri tersebut menandakan terhitung, Senin (15/4) Jakarta Barat resmi tidak memiliki walikota," ujar Sugeng.

Sugeng menjelaskan, tugas administratif walikota dipegang oleh Rustam Effendi, dikarenakan, Jakarta Barat tidak memiliki wakil wali kota. Sebelumnya, pada 1 April 2013, Wakil Walikota Sukarno telah memasuki masa pensiun.

Sebelumnya, Burhanuddin mengajukan pengunduran diri sebagai wali kota guna fokus untuk mencalonkan diri sebagai calon anggota legislatif DPRD DKI Jakarta. Burhanuddin maju sebagai caleg DPRD melalui Partai Gerindra.


Sumber :
merdeka.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar