Rabu, 24 April 2013

Audiensi di Rumah Makan Ala Jokowi

Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi), seusai menghadiri Inacraft 2013 di JCC, Jokowi  menepati janjinya kembali menemui warga Petukangan untuk menyelesaikan masalah pembebasan tanah untuk proyek pembangunan tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) West 2. Dia menggelar audiensi dengan warga di salah satu rumah makan di kawasan Pesanggrahan, Jakarta Selatan, Rabu (24/4/2013).
Puluhan warga berduyung-duyung menuju rumah makan tersebut. Di sana, mereka berebutan masuk ke ruang VIP yang telah disewa Jokowi.
Namun karena tempat duduk terbatas, hanya sekitar 30-an warga yang bisa masuk dan mendapat tempat duduk. Sementara sekitar 40-an orang yang terdiri dari ibu-ibu, bapak-bapak dan anak-anak terpaksa menunggu di luar.
Sebenarnya, Jokowi hanya mengharapkan perwakilannya yang datang. Namun, dia tidak menyangka puluhan warga yang datang. Hal ini membuat Jokowi sama sekali tidak memperlihatkan senyum di wajahnya.
Jokowi hanya memperhatikan warga yang berebutan duduk sambil menanti makanan yang disajikan. Dia belum mengeluarkan sepatah katapun sejak tiba di tempat makan tersebut, sekitar pukul 12.30 WIB, Rabu (24/4/2013).

Sebelumnya, warga Pesanggrahan ini merasa keberatan bila harus digusur atau dipindahkan karena lokasi tempat tinggal mereka saat ini sangat strategis. Mereka khawatir penggusuran akan berdampak pada mata pencaharian, dan mengganggu keberlangsungan pendidikan anak.
Selain itu, warga juga mengadukan adanya intimidasi yang sering dialami warga dari oknum-oknum tertentu. Warga dipaksa menyetujui pembebasan lahan. Hingga pukul 13.00 WIB, proses audiensi masih berlangsung.

Jokowi hanya duduk menyaksikan ketidaktertiban warga tersebut.
Sempat terjadi sedikit kericuhan sesaat sebelum audiensi dimulai. Penyebabnya adalah, beberapa warga memaksa masuk mengikuti jalannya audiensi di dalam ruang pertemuan. Wartawan pun terpaksa mengalah dan memilih keluar ruangan.

Sontak Jokowi berdiri dari kursinya dan menuju pintu yang dilalui wartawan sebelum keluar ruangan. "Makan dulu ya, makan...," kata Jokowi, mencoba memberi pemahaman pada para wartawan yang tak bisa meliput jalannya audiensi.
Jalannya audiensi dimulai dengan makan siang. Seluruh warga yang hadir disajikan berbagai menu makan siang. Mereka yang berada di luar, dan tak mendapatkan tempat duduk terpaksa menunggu di luar. Meski gerimis, warga bertahan menggunakan payung dan berteduh di tempat yang lebih aman.


Sumber :
megapolitan.kompas.com

Berita Serupa :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar