Rabu, 24 April 2013

Jokowi Minta Warga Tak Teriak Teriak Saat Bedah Kampung

Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) berkunjung ke lokasi bekas kebakaran di Tanah Tinggi, Johar Baru, Jakarta Pusat. Kepada warga, Jokowi memamerkan sketsa rumah deret yang rencananya akan dibangun di kawasan padat penduduk tersebut.
Jokowi tiba sekitar pukul 15.10 WIB, Rabu (24/4/2013). Jokowi yang mengenakan batik hijau itu disambut puluhan warga RT 4 dan RT 13, Kecamatan Tanah Tinggi, Johar Baru, Jakarta Pusat.
"Ibu dan Bapak semua, saya ingin sedikit menjelaskan mengenai rencana penataan rumah yang ada di sini. Jadi nanti kira-kira rumahnya akan jadi seperti ini," kata Jokowi sambil memamerkan sketsa rumah deret tersebut kepada warga.
Dalam sketsa tersebut terlihat deretan rumah-rumah berjajar rapi. Rumah-rumah tersebut diwarnai dengan warga coklat muda. Ada rumah-rumah yang tingkat, namun ada juga yang hanya berlantai satu. Jokowi mengangkat tinggi-tinggi gambar tersebut.
Melihat gambar yang diperlihatkan Jokowi warga langsung bersorak sorai dan bertepuk-tangan. "Keren ya gambarnya!" kata warga.
Jokowi meminta warga ikut bekerja secara bersama untuk membangun rumah deret tersebut agar cepat selesai. Menurutnya rumah-rumah ini merupakan proyek percontohan. Di kawasan itu juga akan dibuat ruang terbuka hijau.
"Nanti kan luasnya berbeda-beda, tetap seperti yang sekarang. Hanya jatah per rumah tetap sama. Jadi gedungnya harus ke atas. Tanamannya juga dirawat jangan hanya seminggu dua minggu dirawat nanti mati," katanya.
Jokowi kemudian meminta persetujuan warga untuk memulai proyek tersebut. "Ada yang tidak setuju?" tanya Jokowi.
"Setuju!" teriak warga disertai tepuk tangan.
Jokowi kemudian juga meminta kesediaan warga kawasan itu untuk ikut membantu pembangunan. "Bantu tenaga bisa, ini sudah kita bantuin kaya gini masa tidak mau bantu. Semuanya siap bantu?" tanyanya.
"Siap!" kata warga antusias.
Total ada 85 rumah yang dibangun, nantinya gang-gang yang sempit akan dilebarkan. "Jadi jangan ada yang teriak-teriak, gambarnya sekarang sudah ada sudah kelihatan," katanya.
"Nanti kita bayar tidak, Pak?" tanya salah seorang warga.
"Emang mau bayar?" tanya Jokowi kembali.
"Enggak!" teriak warga.
"Ya udah kalau mau bayar juga tidak apa-apa," kata Jokowi sambil tertawa.
Jokowi mengatakan pembangunan akan dimulai minggu depan dan diutamanan untuk wilayah yang terbakar dulu. "Minggu depan kita mulai, kalau dibantu siang malam ya cepat," katanya.

"Tapi nanti kalau ada penataan gang, yang sempit dilebarin, jangan teriak-teriak," ujarnya.
Tanah Tinggi menjadi lokasi pertama program penataan kampung. Lokasi ini dipilih karena warganya terbilang lebih sedikit dan rentan terjadi kebakaran. Anggaran penataan kampung berasal dari APBD DKI 2013.




Sumber :
megapolitan.kompas.com
news.detik.com

Berita Serupa :
- merdeka.com : "Pasca terbakar, Tanah Tinggi dibangun jadi kampung percontohan"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar