Selasa, 01 Januari 2013

Jokowi Absen, Tahun Baru di Ancol Lebih Sepi

Digelarnya Jakarta Night Festival dalam rangka menyambut Tahun Baru memberi dampak bagi tempat wisata di Ibu Kota. Jumlah pengunjung Ancol tak sesuai target, TMII bahkan menurun dibandingkan tahun lalu. Penyebabnya lantaran Jakarta Night Festival?

Tadi malam, Ancol menggelar acara bertabur artis Indonesia papan atas. Sayangnya, panggung meriah ini tidak cukup mendongkrak jumlah pengunjung Ancol hingga target 300.000 orang pada malam Tahun Baru.

“Target awal yang kita tentukan 300.000 pengunjung, namun hingga pukul 00.00 WIB jumlah pengunjung hanya sekitar 250.000 orang. Kalau dibandingkan tahun lalu, pengunjung tahun ini turun sekitar 10 persen,” kata Argo Prabowo, Public Relation Ancol, saat dihubungi Okezone, Selasa (1/1/2013).

Menurut Argo, terdapat dua penyebab angka pengunjung Ancol menurun, yaitu hujan dan absennya Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo yang lebih memilih merayakan Tahun Baru di Jalan Thamrin-Sudirman. Padahal, seperti tradisi tahun-tahun sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta selalu datang ke Ancol saat malam Tahun Baru. Argo berharap Jokowi tidak menghilangkan tradisi tersebut begitu saja.

“Kedatangan Gubernur juga memiliki daya tarik tersendiri, apalagi ini Jokowi. Ya, semoga Gubernur juga dapat berpindah tempat untuk merayakan Tahun Baru, tidak hanya di Bundaran HI,” tukasnya.

Walaupun mengalami penurunan jumlah pengunjung, Argo optimistis bahwa pada perayaan tahun-tahun mendatang akan banyak pengunjung menikmati suguhan hiburan spektakuler dari Ancol.

Sementara, Taman Mini Indonesia Indah (TMII) tidak mengalami penurunan jumlah pengunjung. “Untuk tahun ini, target yang kita pasang minimal 40.000 pengunjung, tapi ternyata sampai pukul 12.00 malam tadi ada sekitar 50.000 pengunjung,” ujar Suryondoro, Manajer Humas TMII, ketika dihubungi secara terpisah.

Namun, menurutnya, perolehan tersebut justru menurun jika dibandingkan tahun lalu. “Kalau dibandingkan dengan tahun sebelumnya, ada penurunan 5.000 pengunjung,” ujarnya.

Suryondoro tidak menyebutkan bahwa penyebabnya lantaran perhatian masyarakat Ibu Kota tersedot ke Jakarta Night Festival. “Ini lebih karena akses masuk ke dalam Taman Mini yang macet. Taman Mini sendiri punya acara Tahun Baru yang beda dari tempat lain. Untuk Car Free Night tidak ada pengaruhnya terhadap angka pengunjung ke TMII, itu acara yang sangat baik sebagai pesta rakyat,” pungkasnya.

Sumber :
travel.okezone.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar