Senin, 29 Desember 2014

Jokowi Akan Benahi Pencairan Dana Otsus Papua

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan ingin berbincang secara intensif dengan gubernur, bupati, dan wali kota di Papua dan Papua Barat ihwal dana otonomi khusus untuk dua provinsi.
"Terus terang saya masih ingin banyak mempelajari sebaik-baiknya dana yang ada supaya bisa tepat sasaran," kata Jokowi, di kantor Wali Kota Sorong, Papua Barat, Senin (29/12/2014).
Meski belum mempelajari secara rinci ihwal dana otonomi khusus Papua, Jokowi ingin membangun sistem pencairan dana itu agar benar-benar bisa sampai langsung ke masyarakat yang berhak. "Itu yang mau kami benahi," ucapnya.
Jokowi membuka peluang pencairan dana otonomi khusus melalui sistem perbankan. "Nanti dananya langsung bisa masuk ke APBN Perubahan 2015," ujar dia.
Ihwal kesejahteraan masyarakat di Papua, Jokowi mengakui ada jurang antara warga di pesisir yang ekonominya cukup baik dan warga di pegunungan. "Gap itu kelihatan sekali," katanya.
Karena itu, dua pekan lagi Jokowi akan mengundang para bupati di wilayah pegunungan Papua untuk membicarakan ketertinggalan wilayah mereka. "Nanti saya tanya, sebelah mana yang mesti didahulukan," ujar Jokowi.  [tempo]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar