Minggu, 09 November 2014

Presiden Tiongkok Ucapkan Selamat Pada Jokowi dan Sempat Berpantun Indonesia

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mendapat ucapan selamat dari Presiden Tiongkok Xi Jinping karena sudah terpilih sebagai presiden. Tak hanya itu, Xi Jinping berharap hubungan kedua negara terus semakin baik.
Jokowi yang datang bersama 4 menteri terdiri dari Menko Perekonomian Sofyan Djalil, Menlu Retno Marsudi, Mendag Rachmat Gobel dan Seskab Andi Widjajanto, diterima hangat oleh Xi Jinping di Great Hall of People, Beijing, China, Minggu (9/11/2014).
Sempat terjadi dialog antara keduanya selama 30 menit.
"Saya senang sekali bertemu dengan yang mulia Presiden Joko Widodo. Selamat atas terpilihnya yang mulia sebagai presiden baru," kata Presiden Jinping yang diterjemahkan ke bahasa Indonesia.
Presiden Jinping berharap, hubungan Indonesia dan Tiongkok akan terus lebih baik lagi ke depannya. Harapan itu, dikemukakan pemimpin partai Komunis tersebut lewat sebuah pepatah Indonesia. Berikut kalimatnya:
"Ada suatu pepatah Indonesia berbunyi: Jauh di mata dekat di hati. Tiongkok dan Indonesia terpisah oleh samudera, tapi gelombang laut tak henti menghalangi pertukaran kita. Dari pelayaran Laksamana Cheng Ho sampai konferensi Asia Afrika. Kedua negara kita menjalin persahabatan yang sangat dalam dengan saling menghormati sebagai tetangga dan sahabat lama," ucap Jinping lagi.
Setelah bertemu Jinping, Jokowi melanjutkan pembicaraan terpisah dengan Perdana Menteri Le Keqiang. Hingga pukul 11.00 waktu setempat, pertemuan masih berlangsung.  [detik]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar