Minggu, 14 September 2014

Syarat dan Komposisi Menteri Jokowi

Presiden terpilih Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, dalam memilih menteri-menteri di kabinet, dia telah menentukan sejumlah persyaratan. Salah satunya adalah, calon menteri tersebut harus berkompeten di bidangnya.
"Kompetensi, integritas, kemampuan managerial leadership yang kuat," kata Jokowi di rest area Ciawi, sebelum mengadakan pertemuan tertutup di Puncak, Minggu (14/9/2014).
Jokowi menambahkan, dalam memilih menteri, dirinya tidak hanya fokus mencari nama di kota besar. Dalam komposisi kabinetnya, akan ada perwakilan putra daerah.
"Kalau semua daerah minta itu bearti ada 500. Kalau kabupaten minta ada 500 orang. Kalau provinsi ada 34."
Hari ini, Jokowi mengadakan pertemuan tertutup ini turut dihadiri Wakil Presiden Jusuf Kalla. Jumlah orang yang menghadiri pertemuan itu diperkirakan berjumlah 200 orang.
"Banyak kok nanti. 200-an kok, ya Pak JK ada. Jadi banyak, enggak satu dua orang," ujarnya.
 Jokowi mengatakan, dalam sepekan ke depan, pihaknya akan membahas sejumlah nama yang akan menduduki jabatan menteri dalam kabinetnya. Dia menambahkan, tidak mempermasalahkan jika ada partai anggota koalisi yang mengajukan sejumlah nama.
"Ya tapi bisa sajalah kalau ada usul-usul kalau tiap partai mengusulkan nama. Gak masalah. Mau mengajukan 100 nama, 50 gak masalah," kata Jokowi, Minggu (14/9/2014).
Jokowi menambahkan, mengenai komposisi kabinetnya, dia mengatakan, akan ada perwakilan putra daerah. "Komposisinya ada putra daerah, misalnya kemarin ada putra Papua berharap ada di kabinet," ujarnya.
Mantan Wali Kota Solo itu mengatakan, pemilihan menteri berdasarkan kompetensi nama yang diajukan. Jokowi pun menambahkan, dia sudah mengantongi sejumlah nama yang akan menjadi pembantunya tersebut.
"Sebagian tapi kan belum menentukan siapa di pos mana. Posturnya aja belum ketemu."
Mengenai nomenklatur kabinet yang akan dipimpinnya, Jokowi mengaku belum memikirkannya.
"Kok namanya sih, jumlah aja belum ketemu, orangnya belum ketemu. Kok nama kabinet," ujarnya.  [merdeka]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar